SKRIPSI PBA
Analisis Kesalahan Kitabah pada Aspek Morfologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun Ajaran 2021/2022
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan secara langsung dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Wahid Hasyim Warungasem Batang. Dimana pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan secara intensif yaitu 3x40menit dalam satu minggu. Akan tetapi dalam proses pembelajaran masih terdapat beberapa permasalahan yang muncul. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Wahid Hasyim Warungasem adalah kesalahan kitabah pada aspek morfologi. Dalam hal ini peneliti akan menganalisis lebih mendalam tentang bagaimana bentuk kesalahan kitabah pada aspek morfologi yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs. Wahid Hasyim Warungasem Batang.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk analisis kitabah pada aspek morfologi dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun Ajaran 2021/2022? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kesalahan kitabah pada aspek morfologi dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun Ajaran 2021/2022? (3) Apa saja solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan kitabah pada aspek morfologi dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Wahid Hasyim Warungasem Batang Tahun Ajaran 2021/2022?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Bentuk kesalahan kitabah pada aspek morfologi siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem meliputi: kesalahan dalam penambahan dan pengurangan afiksasi yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab, kesalahan dalam menentukan bentuk dhomir, kesalahan dalam pemberian harakat, dan kesalahan dalam pemilihan kata., (2) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kesalahan kitabah pada aspek morfologi yaitu faktor internal berupa: kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan, latar belakang pendidikan siswa, dan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar siswa.
Solusi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kesalahan kitabah pada aspek morfologi adalah meningkatkan kompetensi pedagogic guru, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, pembiasaan bahasa Arab kepada siswa serta memaksimalkan latihan menulis bahasa Arab kepada siswa, memberikan motivasi belajar kepada siswa serta melakukan evaluasi hasil pembelajaran.
23SK2322036.00 | SK PBA 23.036 EVA a | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain