SKRIPSI PBA
Metode Pembelajaran mahārah al-kalām di Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal Pemalang
Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal merupakan pondok pesantren salaf atau pondok pesantren yang identik dengan kurikulum tradisional, klasik, atau kuno dari segi metode pengajaran dan infrastrukturnya. Pada dasarnya, Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal merupakan bentuk dari lembaga pesantren salaf yang sedang berkembang, selain mengkaji kitab kuning di Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal juga mengembangkan kebahasaan santri yaitu dengan bahasa arab, walaupun bukan merupakan bahasa sehari hari di pondok pesantren. Keterampilan berbicara (mahārah al-kalām) adalah salah satu kegiatan berbahasa yang penting dalam kehidupan sehari-hari yang menuntut penguasaan terhadap beberapa aspek dan kaidah penggunaan bahasa. Pada pembelajaran bahasa Arab, siswa akan diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi dengan baik dan benar.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran mahārah al-kalām di Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal Pemalang 2) Bagaimana hasil dari pembelajaran mahārah al-kalām di Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal Pemalang?. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui dan menganalisis metode pembelajaran mahārah al-kalām dan hasil dari penerapan metode mahārah al-kalām di Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal Pemalang .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kyai, ustadz, dan pengurus. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen pondok pesantren dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat metode yang sudah di terapkan dalam pembelajaran mahārah al-kalām di Pondok Pesantren Salaf Nurul Athfal yaitu : Metode ceramah, Metode hafalan, Metode kooperatif, Metode hiwar, Metode takri ̅r Mufrada ̅t, keempat metode trsebut sangat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran mahārah al-kalām dari sisi pengampu/ustaz dan juga dari sisi santri. Karena dengan adanya metode metode yang di terapkan, nilai dari mata pelajaran mahārah al-kalām cukup meningkat. seperti pada kelas I Wustho yang rata rata nilainya yaitu 82,5 dengan jumlah santri 46 santri, pada kelas II Wustho yang rata rata nilainya yaitu 80 dengan jumlah santri 27 santri, pada kelas III Wustho yang rata rata nilainya yaitu 82 dengan jumlah santri 29 santri.
23SK2322026.00 | SK PBA 23.026 WIL m | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain