SKRIPSI PBA
Teknik Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Duwet Kota Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kosakata dalam belajar bahasa Arab, dan salah satu cara pembelajaran kosakata yaitu dengan menggunakan teknik bernyanyi, akan tetapi dalam pelaksanannya juga terdapat kendala karena siswa masih kesulitan dalam membaca sehingga belum tentu ketika bernyanyi para siswa lancar dalam mengucapkannya, terkadang justru menjadikan siswa lebih fokus bernyanyi dari pada menghafal kosakatanya, dan tentunya hal tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk selalu menambah referensi lagu untuk teknik bernyanyi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab.
Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana Teknik Bernyanyi yang digunakan Guru Bahasa Arab dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Kelas V A MI Salafiyah Duwet kota Pekalongan. (2) Bagaimana Hasil Pembelajaran melalui Teknik Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Kelas V A MI Salafiyah Duwet kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini bersifat deskripftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data pokok diperoleh dari guru bahasa Arab dan siswa kelas V A MI Salafiyah Duwet kota Pekalongan, sedangkan data penunjang berasal dari kepala madrasah dan gambaran umum lokasi penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Teknik Bernyanyi yang digunakan Guru Bahasa Arab dalam Pembelajaran Kosakata dapat membantu siswa mudah dalam menirukan apa yang dinyanyikan guru dan dapat menerima materi yang disampaikan oleh guru. Kemudian cara guru mengenalkan kosakata dengan menulisnya di papan tulis, memberi contoh nyanyian, dan mengajak bernyanyi siswa, merupakan langkah yang bagus untuk mengenalkan kosakata baru sehingga mempermudah siswa dalam belajar kosakata. Kemudian bernyanyi diikuti gerakan tubuh dapat menjadikan siswa lebih senang dan aktif dalam pembelajaran sehingga terhindar dari bosan dan dapat melatih kinerja otak kanan dan kiri sehingga dapat melatih konsentarsi, dan bernyanyi yang dilakukan berkali-kali dapat membantu memasukkan kosakata kedalam ingatan siswa sehingga mempermudah dalam menghafalnya. (2) Hasil pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui teknik bernyanyi dapat menjadikan suasana kelas menyenangkan, membangkitkan semangat siswa untuk aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru serta dari hasil tes tertulis hampir seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM.
23SK2322025.00 | SK PBA 23.025 MUH t | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain