SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Syāwir dalam Pembelajaran Qawāid Nahwu Kelas 3 Ibtida’C Pondok Pesantren Al Utsmani Desa Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mempelajari qawāid nahwu yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab dan kunci pokok untuk memahami kitab kuning gundul sehingga dalam pembelajarannya diperlukan adanya pemahaman yang mendalam dan penjelasan yang detail dari seorang guru, namun di Pondok Pesantren Al Utsmani ini waktu pembelajaran sangat singkat selain itu identik santri yang mengantuk ketika pembelajaran juga masih seringkali ditemui sehingga menyebabkan tujuan dalam pembelajaran tidak tercapai, oleh karena itu perlu adanya metode yang dapat membantu pemahaman santri dalam memahami qawāid nahwu salah satunya yaitu metode syāwir sebab metode ini santri lebih dituntut untuk aktif dan mandiri dalam pembelajaran dan metode ini dapat mempertajam pemahaman santri mengenai qawāid nahwu, selain itu metode ini tidak monoton sehingga meminimalisir santri mengantuk dalam pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana implementasi metode syāwir dalam pembelajaran qawāid nahwu kelas 3 ibtida’ c Pondok Pesantren Al Utsmani Desa Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penerapan metode syāwir. (3) Bagaimana hasil metode metode syāwir dalam pembelajaran qawāid nahwu. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode syāwir dalam pembelajaran qawāid nahwu. 2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan metode syāwir. 3) Untuk mendeskripsikan hasil metode syāwir dalam pembelajaran qawāid nahwu.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data pokok dari penelitian ini adalah ustaz dan santri kelas 3 Ibtida’C Pondok Pesantren Al Utsmani, sedangkan data penunjang berasal dari Ustaz dan gambaran umum lokasi penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode syāwir dalam pembelajaran qawāid nahwu terlaksana dengan baik dan berjalan efektif
karena telah melalui tahapan yang sempurna. Adapun kelebihan dan kekurangan berasal dari santri dan lingkungan pesantren. Hasil dari penerapan metode pembelajaran syāwir di pondok pesantren Al Utsmani memberikan dampak yang baik bagi santri, hal ini diawali karena faktor dari santrinya yang semangat sekali untuk mengikuti syāwir, dampak yang didapatkan santri dapat lebih aktif, kreatif serta menumbuhkan sifat kritis. Serta hasil tes tertulis santri mendapat nilai yang bagus.
23SK2322024.00 | SK PBA 23.024 UZL i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain