SKRIPSI PBA
Problematika Mahārah Qiraah Dalam Pembelajaran Bahasa di Kelas XII Marasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan secara langsung pembelajaran bahasa Arab Mahārah Qiraah di MA Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan. Di mana banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Serta peneliti juga ingin mengetahui cara pendidik dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya pada Mahārah Qiraah.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran maharah qiraah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XII Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan, apa saja problematika pembelajaran maharah qiraah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XII Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan serta bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika maharah qiraah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XII Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Mahārah Qiraah Di Kelas XII MA Rifa’iyah Kedungwuni Pekalongan sudah berjalan cukup baik dan sistematis. Metode yang diterapkan adalah metode komunikatif dan tanya jawab. Adapun problematika dalam Mahārah Qiraah yaitu: problem kosa kata (peserta didik masih belum menguasai kosa kata yang ada di dalam teks bahasa Arab). Selain itu, problematika yang berasal dari luar bahasa Arab itu sendiri meliputi: faktor guru, faktor peserta didik, faktor metode, faktor media dan faktor lingkungan berbahasa. Sedangkan solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dilakukan oleh guru dan peserta didik itu sendiri. Adapun untuk solusinya, menurut peneliti sudah cukup baik. Meskipun terdapat beberapa hal yang harus dibenahi kembali agar lebih maksimal.
23SK2322023.00 | SK PBA 23.023 SIL p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain