SKRIPSI PIAUD
Implementasi Metode Bercerita untuk Menanamkan Karakter Jujur Pada Anak di RA Fadlli Robbi Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Anak usia dini adalah anak yang berada pada masa golden age, pada masa ini apapun yang diajarkan pada anak akan melekat dan menjadi kebiasaan dalam keseharian anak. Perkembangan karakter anak dipengaruhi oleh banyak hal terutama pola asuh orang tua dan lingkungan tempat bermain anak, untuk itu sangat penting bagi orang dewasa disekitar anak untuk memperhatikan bagaimana pembiasaan penanaman karakter anak, khususnya karakter jujur. Karakter jujur yang diajarkan kepada anak dapat berupa jujur dalam perkataan dan jujur dalam perbuatan, dalam pelaksanaannya karakter jujur dapat ditanamkan melalui metoe bercerita. Memahami tahapan pelaksanaan metode bercerita akan sangat berpengaruh baik bagi perkembangan karakter anak, pasalnya anak akan menerima pendidikan yang baik dan benar tentu pesan moral dalam sebuah pembelajaran juga akan tersampaikan kepada anak dengan baik pula. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana perilaku jujur anak, Bagaimana implementasi metode bercerita untuk menanamkan karakter jujur pada anak, dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi metode bercerita untuk menanamkan karakter jujur pada anak. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana perilaku jujur anak, implementasi metode bercerita untuk menanamkan karakter jujur pada anak, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi metode mendongeng untuk menanamkan karakter juur pada anak. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field reseach). Selanjutnya pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan anak, sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini adalah orangtua dan dokumen dokumen penunjang tentang subyek dan lokasi penelitian, jurnal-jurnal yang memuat informasi mengenai topik penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter kejujuran anak di RA Fadlli Robbi Desa Banjiran dalam pelaksanaannya terbagi menjadi 2 yaitu penanaman karakter jujur dalam perkataan dan jujur dalam perbuatan. Selanjutnya implementasi metode bercerita untuk menanamkan karakter jujur anak terbagi menjadi beberapa indikator: 1. perencanaan metode bercerita yang berupa mempersiapkan cerita yang akan disampaikan. 2. pelaksanaan metode bercerita terbagi dalam beberapa tahap, yang berupa tahap persiapan kegiatan bercerita dan tahapan kegiatan bercerita. 3. evaluasi metode bercerita dilaksanakan dikahir kegiatan. Terakhir terdapat faktor pendukungnya yang berupa: adanya kesadaran para pendidik dan pola asuh orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya berupa: adanya perbedaan pembiasaan di lingkungan keluarga dan di sekolahan, kurangnya pemahaman tentangm metode pembelajaran, kurangnya alat peraga untuk berceerita, dan pengaruh teman bermain anak.
23SK2324085.00 | SK PIAUD 23.085 ZAN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain