SKRIPSI PGMI
Pembelajaran Pakem di SD Negeri 01 Babalanlor Bojong Pekalongan : Sebuah Telaah Kritis
Pembelajaran pakem sendiri telah ada sejak dahulu dan hampir semua sekolah menggunakan pembelajaran pakem untuk terlaksananya proses belajar mengajar. Namun masih adanya perbedaan dalam mencapai pembelajaran pakem yang mencakup aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pakem memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif. Rumusan permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana fenomena pembelajaran pakem di SD Negeri 01 BabalanLor Bojong Pekalongan? (2) Bagaimana telaah kritis terhadap pembelajaran pakem yang dilakukan di SD Negeri 01 BabalanLor Bojong Pekalongan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: “(1) Untuk mendeskripsikan fenomena pembelajaran pakem di SD Negeri 01 BabalanLor Bojong Pekalongan. (2) Untuk mendeskripsikan telaah kritis pembelajaran pakem yang dilakukan di SD Negeri 01 BababalanLor Bojong Pekalongan.” Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) fenomena penerapan pembelajaran aktif yang dilaksanakan guru kelas I ,II, IV, dan V dapat terlihat guru mampu menerapkannya, fenomena penerapan pembelajaran kreatif yang dilaksanakan guru kelas I belum maksimal, kelas II, IV, dan V sudah maksimal, fenomena pembelajaran efektif yang dilaksanakan guru kelas I dan II kurang menerapkannya sama dengan pembelajaran menyenangkan guru kelas I dan II kurang menerapkannya, kelas IV dan V sudah menerapkan. (2) pembelajaran pakem yang diterapkan di SD Negeri 01 Babalan Lor oleh guru kelas I, II, IV, dan V mempunyai perbedaan dalam pelaksanaan yang mencakup pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. pembelajaran yang dilaksanakan belum mencerminkan pakem di kelas I dan II, baik dari segi kegiatan pembelajarannya maupun dari segi dari ssetting kelas. Guru kelas IV dan Guru kelas V menggunakan pembelajaran pakem sesuai dengan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
23SK2323151.00 | SK PGMI 23.151 LAS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain