SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Metode Audio Lingual Terhadap Penguasaan Hafalan Mufrod Pada Materi Fil-Bayti Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Hidayatul Mubtadi'in Jrakah Payung Kecamatan Tulis Kabupaten Batang
Penguasaan hafalan Mufradât sangat sulit didapatkan, dan tidak semua anak berminat untuk mempelajarinya. Mufradât adalah hal yang paling penting kuasai dalam mempelajari bahasa arab. Siswa MI Hidayatul Mubtadi’in Jrakagpayung kesulitan dalam mepelajari pembelajaran bahasa Arab.terutama pada kelas 4 yang kemampuan dan minat dalam belajar bahasa arabnya sangat rendah sehingga siswa membutuhkan hal baru untuk membuatnya minat dalam mempelajari pelajaran Bahasa Arab salah satunya dengan menggunakan Metode Pembelajaran yang baru. Berdasarkan latar belakang diatas, mengambil rumusan masalah (1) Bagaimana penggunaan metode audio lingual dalam Pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VI MI Hidayatul Mubtadi’in Jrakahpayung, (2) Bagaimana efektivitas penggunaan metode audio lingual terhadap kemampuan hafalan Mufradât kelas VI MI Hidayatul Mubtadi’in Jrakahpayung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode audio lingual dalam Pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VI MI Hidayatul Mubtadi’in Jrakahpayung, dan Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode audio lingual terhadap kemampuan hafalan Mufradât kelas VI MI Hidayatul Mubtadi’in Jrakahpayung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (riset lapangan) teknik data yang digunakan berupa Kuisioner, tes, dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data meliputi statistik deskriptif, dan Analisis Data Statistik Inferensial. Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif yang dilakukan diperoleh rata-rata penguasaan hafalan Mufradât adalah nilai sebelum penerapan Metode Audio Lingual (pre-test) diberi perlakuan adalah 41,6 dan dan setelah Penerapan Metode Audio Lingual (post-test) diberi perlakuan berubah menjadi 87,5 dari nilai ideal 100. Dan berdasarkan Analisis Data Statistik Inferensial yaitu uji paired sample t-test Tingkat signifikansi dari uji ini sebesar 5%. nilai sig. 2(tailed) sebesar 0.000 dimana nilai 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pembelajaran sebelum dan sesudah penerapan metode Audio Lingual terhadap Penguasaan Hafalan Siswa . sehingga dapat kita ketahui bahwa metode Audio ingual Efektiv digunakan untuk meningkatkan penguasaan hafalan Mufradât siswa.
23SK2323148.00 | SK PGMI 23.148 RIS e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain