SKRIPSI PBA
Pengaruh Metode Audiolingual Terhadap Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang
Penguasaan Mufrodat menjadi salah satu problematika yang ada. Hal ini dikarenakan latarbelakang pendidikan yang berbeda beda mayoritas lulusan Sekolah Dasar yang tidak mempelajari bahasa Arab dalam pengalaman belajaranya sehingga mereka tidak memiliki penguasan mufrodat yang baik. Hal ini merupakan kondisi MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang. Salah satu cara yang di gunakan ialah pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode Audiolingual. Penguasaan Mufradat Bahasa Arab menjadi pelajaran yang ditekuni bagi semua peserta didik khususnya di MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Audiolingual MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang. (2) Untuk mengetahui Pengusaan Mufradat Siswa Kelas VIII MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang.(3) Untuk mengetahui Pengaruh Metode Audiolingual terhadap Penguasaan Mufradat bahasa Arab Siswa kelas VIII MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang.
Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, angket, tes , serta dokumentasi.
Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa (1) pelaksanakan metode Audiolingual di MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang berada pada presentasi 38,7 % pada interval 87 – 91 dengan rata-rata sebesar 88,92 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. (2) Hasil tes Penguasaan Mufradat kelas VIII di MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang berada pada presentasi 29% pada interval 77 – 82 dengan rata-rata sebesar 80 termasuk dalam kategori Cukup (3) Pelaksanakan metode Audiolingual memiliki pengaruh terhadap penguasaan mufrodat hal ini ditandai oleh Pada tingkat signifikansi 5% Nilai Ttabel = 2,045, maka Ttes = 4,6 > Ttabel = 2,045, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Kemudian dari hasil output SPSS di ketahui koefisien determinasi (R2) = 0,402, berarti didapatkan sebuah kesimpulan bahwa Penguasaan Mufrodat siswa Kelas VIII di MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai Pemalang dipengaruhi metode Audiolingual sebesar 40,2 % dan 59,8% dipengaruhi oleh variabel yang lain, sehingga korelasi antara keduanya Lemah.
23SK2322020.00 | SK PBA 23.020 MAL p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain