SKRIPSI PBA
Implementasi Pembelajaran Mufradat dengan Aplikasi Kamus Almaany Kelas XII MA Fatkhul Qowim Wonokerto Kabupaten Pekalongan
MA Fatkhul Qowim Wonokerto merupakan sekolah menengah atas yang terletak di Jalan Pattimura, Desa Api-Api, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Fatkhul Qowim dan Kementrian Agama. Pembelajaran bahasa arab dalam sekolah ini merupakan tantangan bagi guru karena kondisi siswa dan sarana prasarana yang belum optimal. Minimnya pengetahuan kosakata (Mufradāt) untuk memahami materi pembelajaran menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa arab. Keadaan ini menjadikan guru membutuhkan fasilitas lain dalam untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa. Dengan kemajuan teknologi, sebagian besar siswa sudah mempunyai ponsel pribadi. Guru memanfaatkan keadaan tersebut dengan menggunakan aplikasi kamus Almaany sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran mufradāt.
Rumusan masalah yang muncul berdasarkan latar belakang diatas adalah bagaimana implementasi pembelajaran mufradāt dengan aplikasi Almaany kelas XII MA Fatkhul Qowim Wonokerto Kabupaten Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode pembelajaran mufradāt dengan aplikasi Almaany kelas XII MA Fatkhul Qowim Wonokerto Kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan peneliian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap,yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkah bahwa implementasi pembelajaran mufradāt dengan aplikasi Almaany kelas XII MA Fatkhul Qowim Wonokerto Kabupaten Pekalongan terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan yang terdiri dari persiapan tujuan, metode, sumber materi, media. Tahap kedua yaitu pelaksanaan yang dibagi menjadi kegiatan awal (pembukaan), kegiatan inti (Penggunaan aplikasi kamus Almaany dalam pembelajaran mufradāt) dan kegiatan akhir (penutup). Tahap terakhir adalah evaluasi yang diterapkan menggunakan tes pengukuran penguasaan mufradāt dalam bentuk ulangan harian. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya hp pribadi yang dimiliki semua siswa, aplikasi bisa diakses secara offline, penggunaan mudah dan efisien, makna kata sesuai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Pembelajaran kurang fokus karena siswa menggunakan HP, Terdapat kosakata yang tidak ada dalam aplikasi, Siswa harus mempersiapkan HP dalam kondisi yang baik seperti tidak lowbatt saat digunakan.
23SK2322017.00 | SK PBA 23.017 ILM i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain