SKRIPSI PAI
Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Taman Pemalang
Media dalam kegiatan pembelajaran yaitu penggunaan sumber-sumber belajar yang sistematis. Pendidikan Agama Islam adalah mengamalkan ajaran agama Islam yang berlandaskan pada ajaran pokoknya yaitu Al-Quran dan Hadits melalui kegiatan penyuluhan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman dan tentu ini semua akan tercapai dengan menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, sampai mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia melalui serangkaian upaya sadar dan terencana dalam mewujudkannya. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Taman Pemalang? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Taman Pemalang? Tujuan dari penelitian adalah : (1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Taman Pemalang, (2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Taman Pemalang. Adapun kegunaan penelitian adalah : (1) Kegunaan teoritis, (2) Kegunaan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menyatakan bahwa pemanfaatan media pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Taman meliputi media elektronik visual proyeksi diam, media elektronik audio visual, media elektronik, dan media non elektronik visual cetak. Pemanfaatan media pembelajaran melalui beberapa tahap yaitu antara lain (1) Persiapan sebelum menggunakan media, (2) Pelaksanaan penggunaan media, (3) Evaluasi, ; (4) Tindak lanjut. Faktor pendukung pemanfaatan media pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam di antaranya adalah sekolah memfasilitasi media, peserta didik yang lebih antusias dan pembelajaran menjadi lebih praktis. Adapun faktor penghambat pemanfaatan media pembelajaran terkadang ada beberapa media yang mengalami kerusakan dan beberapa ruang kelas yang kurang cocok saat pemanfaatan media pembelajaran berlangsung serta pemanfaatan internet yang belum optimal bagi peserta didik.
23SK2321371.00 | SK PAI 23.371 WIS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain