SKRIPSI PAI
Upaya Guru PAI Dalam Memotivasi Siswa Autis di SDLB Negeri Batang
Motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat sering kali disamakan dengan 'semangat'. Motivasai terhadap peserta didik sangat penting dan krusial dalam suatu proses pembelajaran. karena jelas, motivasi sangat mempengaruhi peserta didik dalam meningkatkan pemahamannya, kepekaan sosialnya dan tentunya akan berimbas pada prestasi belajarnya. Penelitian ini merumuskan masalah yaitu Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus (Autis) di SDLB Negeri Batang dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus (Autis) dalam bidang memotivasi pembelajaran di SDLB Negeri Batang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus (Autis) di SDLB Negeri Batang dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus (Autis) dalam bidang memotivasi pembelajaran di SDLB Negeri Batang. Metode Penelitian ini menggunkan sebuah jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam proses motivasi, terdapat beberapa indikator dalam motivasi belajar. Indikator motivasi belajar serta upaya guru yang ada di SLB Negeri Batang antara lain adalah, memberikan ruang kebebasan dalam bertindak meksipun tetap dalam kontrol dari pendidik itu sendiri, memberikan dorongan dan kebutuhan dalam belajar, melakukan penyesuaian terhadap masing-masing anak, memberikan apresiasi berupa susuatu yang anak sukai, bersikap humoris kepada anak-anak serta memberikan pendampingan dan pengarahan secara perlahan. Selain itu, Kendala dalam memotivasi terhadap perserta didik SDLB Negeri Batang berupa, Kendala psikologi anak, Sosialisasi Anak. Dan Solusi dalam memotivasi terhadap perserta didik SDLB Negeri Batang adalah, Sikap Sabar yang dimiliki oleh pendidik dan Menggunakan cara-cara yang menarik.
23SK2321370.00 | SK PAI 23.370 RIZ u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain