SKRIPSI PAI
Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SD N Karanggeneng 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Kata Kunci: Program Adiwiyata, Pendidikan Agama Islam, karakter Peduli Lingkungan
Pendidikan lingkungan hidup sangat berperan penting dalam memberikan pemahaman dan pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di sekolah.Dalam upaya mempercepat pengembangan pendidikan lingkungan hidup khususnya jalur pendidikan formal untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup maka dicanangkan program Adiwiyata.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SD N Karanggeneng 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang? 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SD N Karanggeneng 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi program adiwiyata dalam pendidikan agama Islam di SD N Karanggeneng 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang yaitu adanya kebijakan berwawasan lingkungan. Adanya Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan. Adanya Kegiatan lingkungan berbasis partisipasif. Adanya pengelolaan sarana dan prasarana ramah lingkungan. Tujuannya untuk membentuk karakter kesadaran lingkungan pada siswa. Kedua, bahwa faktor yang mendukung dalam pelaksanaan program adiwiyata di SD N Karanggeneng 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung, dan juga guru-guru selalu memotivasi siswa-siswanya untuk peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan. Adanya donatur untuk kegiatan program adiwiyata dengan banyaknya donatur tanaman dari orang tua siswa, penyediaan tempat sampah terpilah dari badan Lingkungan Hidup. Adanya banyak dukungan dari berbagai pihak dalam program adiwiyata seperti dari orangtua siswa, Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian. Faktor penghambat dari program adiwiyata ada saja siswa yang malas dan hanya menonton saja tidak ingin ikut program adiwiyata. Selain itu ada juga karena terbatasnya dana sekolah untuk pengembangan program adiwiyata.
DAFTAR PUSTAKA :
Anonimous. 2013. “Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 2013”. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup.
Bahrudin, M. 2017. “Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri Pandeglang”, Gea Jurnal Pendidikan Geografi, Vol17 No.1.
Subianto, Bambang dan Ramadan, Zaka Hadikusuma. 2021. “Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 4
Darning. 2016. “Peran Program Adiwiyata Dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa : Studi Kasus Di SMK N 2 Semarang”, Jurnal Unnes. Vol 5 No.1.
Daryanto. 2013. “Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup”. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Rizky. 2017. “Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata untuk membentuk perilaku peduli Lingkungan di kalangan siswa”, Jurnal Ilmu Lingkungan, Vol 15 No 1.
Faturahman, Mohammad Dendy. 2017. “Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 4 Pandegalang”, Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 1¸ No 1.
Habibi, Muhammad Wildan. 2018. “Implementasi program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa (studi multi situs di SD Insan Amanah dan SDU AL-Ya’Lu Kota Malang)” Tesis, Magister PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Husnun, R. 2017. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Proses Pembelajaran di SD Harapan Kita Kabupaten Klaten”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta,
Husnun, R. 2017. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Proses Pembelajaran di SD Harapan Kita Kabupaten Klaten”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Irlansari, A. 2019. “Pelaksanaan Program Adiwiyata berdasarkan Komponen berbasis Lingkungan”, Jurnal Edu Geography, Vol 7 No 3.
Jufri. 2018. “Pendidikan Lingkungan di SD N 1 Baruga kota Kendari”. Jurnal Al Ta’dib, Vol 11 No 2.
Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan. Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Badan Lingkungan Hidup.
Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan. Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Badan Lingkungan Hidup.
Masyuri. dan M Zainudin. 2009. Metodologi Penelitian Pendekatan dan Aplikatif, cet ke-2. Bandung: Refika Aditama.
Moleong, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nalim, Yusuf. dan Salafudin Turmudi. 2012. Statistik Deskriptif, Pekalongan: STAIN Press.
Pratomo, Suko. 2008. Pendidikan Lingkungan. Bandung : Sonagar Press.
Pratomo, Suko. 2008. Pendidikan Lingkungan. Bandung : Sonagar Press.
Rokhmah, Ummi Nur. 2019. “Pelaksanaan program adiwiyata sebagai upaya pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di madrasah ibtidaiyah” Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol 13 No 1.
Sarwosih, Annisa. 2020. “Implementasi program adiwiyata dalam upaya pembentukan ecoliter dan karakter sikap peduli lingkungan di SD Negeri Banyu Agung 1 Surakarta”, Skripsi PGSD FTIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Kencana Pranada Media.
Shinta, A. 2019. “Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup di Sekolah untuk meningkatkan Kepedulian Generasi Muda pada Lingkungan Hidup”. Yogyakarta, Galangpress.
Sugiyono. 2008. MetodePenelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2011. “Paduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan”. Jakarta: Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan.
Tim Teknis Kementrian Lingkungan Hidup RI. 2012. “Panduan Singkat menjadi sekolah Adiwiyata”. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup RI.
Wardani, Diayan Nurvika Kususma. 2020. “Analisis Implementasi program adiwiyata dalam membangaun karakter peduli lingkungan (studi kasus di MIN 1 Ponorogo).” Jurnal Southeast Asian Of Islamic Education Management, Vol 1 No1.
Yusnidar, Takarina. 2015. “Peran serta warga sekolah dalam mewujudkan program adiwiyata di SMP wilayah semarang barat”, Jurnal Of Educational Social Studies.
Yustina. 2016. “Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Persepsi, Sikap dan Minat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Guru SD di Kota Pekanbaru”, Jurnal Biogenisis Vol. 2 No 2,
Zainal, Aqib. 2012. “Pendidikan Karakter di Sekolah: membangun karakter dan kepribadian anak”. Bandung: Yrama Widya.
23SK2321369.00 | SK PAI 23.369 NAV i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain