SKRIPSI PAI
Penerapan Model Inquiry Based Learning Pada Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka Kelas VII di SMP Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Penerapan, Inquiry Based Learning, Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dimana dalam proses pembelajarannya, guru masih cenderung menjadi pusat, dan peserta didik mendengarkan. Kemudian peneliti tertarik dengan pembelajaran di SMP Negeri 1 Buaran yang menerapkan model inquiry based learning, ditambah dengan adanya proses mengamati gambar dan diskusi kelompok yang mendukung penerapan model inquiry based learning.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka kelas VII SMP Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka kelas VII SMP Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis non- statistik.
Hasil penelitian ini adalah penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka kelas VII SMP Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan terdapat beberapa 3 tahapan yaitu perencanaan, penerapan, dan evaluasi. Pada tahap penerapan yaitu terdapat 4 langkah, diantaranya merumuskan pertanyaan atau masalah, merumuskan hipotesis atau jawaban sementara, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Faktor pendukung penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai berikut. Faktor internal yang mendukung penerapan model inquiry based learning yaitu keaktifan dan keantusiasan peserta didik. Faktor eksternalnya yaitu adanya kurikulum pembelajaran yang diterapkan dan sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai berikut. Faktor internal yang menghambat yaitu masih terdapat 10% siswa yang kurang aktif dan kurang semangat. Faktor eksternalnya yaitu kurangnya alokasi waktu yang ditentukan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdillah, Nur. 2023. Siswa Kelas VII-C. Wawancara Pribadi. Pekalongan. Ananda, Danil Dwi. 2023. Siswa Kelas VII-C. Wawancara Pribadi. Pekalongan. Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan. LPPI.
Arifin, Zainal. 2014. Konsep dan Media Pengemangan Kurikulum. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Askiyah, Febi Nurul. 2023. Siswa Kelas VII-C. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Astriyadi, Asep Andri. 2021. Pendekatan Inquiry Tipe Project Based Learning &Grup Investigation. Indramayu: Penerbit Adab.
Azizah, Nurul Nur. 2022. Pengantar Pendidikan. Bandung. CV. Media Sains Indonesia.
Buna’i. 2019. Perencanaan dan Strategi Penddikan Agama Islam.Surabaya.CV.Jagad Media Publishing.
Drajat, Zakiyah. 2015. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta. Bulan Bintang.
Fitria Widiyani Rosinda, dkk, 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Handayani, Hambali, Susi. Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guided-Inquiry Learning dan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan AgamaIslam. Probolinggo: Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Handayani, Susi, dan Hambali. 2018. Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guided-Inquiry Learning dan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. Vol. 12. No. 2.
Hermawati, Kiki Ayu. 2021. Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi Pembelajaran Toleransi: IAIN Ponorogo. Skripsi Pendidikan Agama Islam.
Ilyas, Asnelly. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar: Institut Agama Islam Negri Batu Sangkar. Jurnal Kajian Islam. Volume. 1, Nomor. 1.
Kartiningsih, Nunik Budi. 2022. Penerapan Model Inquiry Based Learning pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Materi Peluang Usaha untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XITata Busana 2 SMK Negeri 1 Purwodadi Semester Ganjil Tahun 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. vol.3, No. 2.
Kholilah, Lilah. 2019. Pengaruh Penggunan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelaja Pendidikan Agama Islam Terhadap Keterampilan Berpikir dan Kemandirian Belajar Peserta Didik kelas VII SMPN Unggulan
Majid, Abdul. 2017. Belajar dan Pembelajaran PAI. Bandung. Rosdakarya. Mamik. 2019. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo. Zifatama Jawara.
Margona. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Maskur, Mohammad. 2020. Pendekatan Inquiry dalam Pembelajaran PAI: Institut Agama Islam Negri Kediri. Jurnal Prosiding Nasional. Volume. 03.
Mubarok, Ahmad. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas VIII di SMP N 02 Purwosari. Skripsi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan.
Mulyasa E. 2005. Menjadi Guru Professional: Menciptakan PembelajaranKreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Rahmat, dan Sartini. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol. 8. No. 2.
Mustakim, Zainal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. pekalongan. IAIN Pekalongan Press.
Nurshibah, Novia. 2022. Implementasi Metode Inquiry Based Learning dalam Pembelajaran PAI Guna Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang.
Panggabean, Suvriadi. 2021. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan. Yayasan Kita Menulis.
Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Keagamaan. Bab 1 Pasal 2 Ayat 1.
Prajnaparanita, Anggia. 2020. Penggunaan Model Inquiry Based Laerning dalam Pembelajaran. Malang. Ahlimedia Press.
Prasetia, Budi. 2023. Guru PAI. Wawancara Pribadi, Pekalongan. Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus. 2021. Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif dan Pnerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang. Literasi Nusantara.
Priantini, Dewi Ayu Made Manu Okta. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform. Jurnal Universitas Hindu I Gusti Bagus Sutisna Bali. Vol. 8. No. 2
Putri, Amelia. 2023. Siswa Kelas VII-C. Wawancara Pribadi. Pekalongan. Ramadani, Fitra, dan Desyandri. 2020. Konsep Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pengembangan Filsafat Progresivisme. Jurnal Unpas. Vol. 21. No. 1.
Ramayalis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Kalam Mulia.
Restanti, Dina Kurnia, dkk. 2020. Merdeka Belajar Merdeka Mengajar (Perspektif Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia). Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Rosinda, fitria Widiyani ,dkk. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Zahir Publishing.
Sanjaya, Wina. 2018. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Ilmiah Kajian Islam. Vol. 4. No. 1
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Pendidikan.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam: STAIN Pamekasan. Jurnal Tadris. Volume 12, Nomor 2.
Suardi, Mohammad. 2018. Belajar dan Pembelajaran. yogyakarta. Deepublish. Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Suryosubroto, B. 2022. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. PT RinekaCipta.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Islam dan Perspektif Islam. Bandung. PTRemaja Rosdakarya.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Peneltian. Yogyakarta. Litera. Observasi pada Penerapan Model Inqiry Based Learning Dalam Proses Mengajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII-C di smp Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan.
Utomo, Wahyu Budi. 2020. Aplikasi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Metode IBL (Inquiry Based Learning) Berbasis Zone Activity di Sekolah Dasar Lebah Putih Salatiga. Jurnal Study Islam. Vol. 21, No. 1.
Wibowo, Ferry. 2022. Teori-teori Dasar Pembelajaran. Bogor. Guepedia. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.
Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian. Jakarta. Bumi Aksara.
23SK2321366.00 | SK PAI 23.366 INA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain