SKRIPSI PAI
Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Kepribadian Siswa di SMP N 06 Kota Pekalongan
Kata Kunci: Pengaruh, Budaya Literasi, Kepribadian.
Budaya literasi berpengaruh terhadap kepribadian siswa, secara umum kepribadian terdapat didalam setiap individu yang normal. Sedangkan orang yang tidak normal kepribadiannya tidak menentu dan tidak dapat diamati secara pasti, walaupun pada dasarnya setiap kepribadian itu dapat diamati melalui gejala-gejala yang tampak. Kepribadian juga merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia dalam menetukan sukses tidaknya seseorang. Meskipun kepribadian merupakan faktor yang penting dalam kejiwaan dan berada pada tataran kerohanian namun wujudnya dapat terlihat pada tingkah laku dan sikap hidup seseorang. Tercapainya cita-cita dan terbentuknya kepribadian siswa tidak hanya dilakukan dalam pengetahuan akan tugas sebagai pengajar tetapi mesti juga dibarengi dengan kesadaran untuk lebih memberikan perhatian yang lebih akan pentingnya budaya literasi.
Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah (1) Bagaimana Budaya Literasi Siswa di SMP N 06 Pekalongan? (2) Bagaimana Kepribadian Siswa di SMP N 06 Pekalongan? (3) Bagaimana Pengaruh Budaya Literasi terhadap Kepribadian Siswa di SMP N 06 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh budaya literasi terhadap kepribadian siswa di SMP N 06 Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini sebagai bahan kajian bagi guru untuk mengajak siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran..
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai meggunakan analisis data kuantitaif dengan metode analisis statistik regresi linear sederhana.
Hasil menunjukkan bahwa dalam uji regresi linear sederhana yang dilakukan peneliti antara variable X budaya literasi dan variable Y kepribadian siswa terdapat nilai signifikansi sebesar 5,658 > 2,052 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Adapun besarnya pengaruh budaya literasi terhadap kepribadian siswa dapat diketahui dengan berpedoman pada nilai R Square pada tabel model summary sebesar 0,542 yang mengandung arti besar pengaruh budaya literasi terhadap kepribadian siswa memiliki pengaruh sebesar 54,2% dan 45,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:PT Refika Aditama.
Agus Purwanto, Erwan dan Dyah ratih Sulistyastuti. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah – masalah Sosial. Yogyakarta. Gava Media.
Aini, Dinda Nurul. 2018. Pengaruh Budaya Literasi Dalam Mengembangan Kecerdasan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang. Vol. 4 No.1.
Arikunto, Suharismi. 1998. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bina Aksara.
Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzi, Muchamad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Semarang. Walisongo Press.
Gunarsa, Singgih D. 2000. Psikologi Praktik Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.
Indrakusuma, Amir Daien. 2001. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Hadi, Amirul dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia.
Haris, Abd. dan Kivah Aha Putra. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/budaya Diakses pada 2 Februari 2020.
Latn, Henky dan Selvu Temalagi. 2013. Analisis Muntivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SPSS 20. Bandung. Alfabeta.
Machali, Imam. 2016. Metode Penelitan Kuantitatif. Yogyakarta: MPI.
Ma’mur, Lizamudin. 2010. Membangun Budaya Literasi. Jakarta: diadit Media.
Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Al-Ma’arif.
Maryatin, Tutik Yuliani. 2019. Membudayakan Literasi Pada Masyarakat Di Kelurahan Gunung Bahagia Balikpapan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas. Volume 4, Nomor 1.
Malinowski. Bronislaw. 1944. A Scientific Theory of Culture and Other Essays. Chapel Hill: University of North Carolina.
Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel hingga Instrumental. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nasution. 2012. Metode Research, cet. Ke-13. Jakarta. Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, Dr. Farida M.Hum. Metode Penelitian Kualitatif.
Pradana, Fransiska Ayuka Putri. 2020. Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Peendidikan dan Konseling. Vol.2 No. 1.
Prasetia, Indra, Emilda Sulasmi, Sugiharti. 2022. Pengaruh Program Gerakan Literasi dan Sarana Perpustakaan Terhadap Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan- Dasar Menengah Tinggi. Vol. 3, No. 1.
Priyatno, Duwi. 2013. Seri CD Sofware Olah Data Statistik dengan Program PSPP. Yogyakarta: Mediakom.
Purwanto, M. Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sangit, Ahmad & Ali Muhdi. 2020. Budaya Literasi di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. 2019. Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sayyidatul Ifadah, Ayunda. 2020. Pemahaman Konsep Budaya Literasi Baca - Tulis Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi. Vol. 04 No. 2.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan, Bandung. Refika Aditama.
Sugiono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta CV.
Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian.Cet. 12. Bandung. CV Alfabeta.
Sumanto. 2014. Statistika Terapan. Yogyakarta. CAPS.
Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Wati, Risma. 2008. Kepribadian dan Etika Profesi. Bandung: Graha Ilmu.
Wiedarti, Pangesti. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen.
23SK2321365.00 | SK PAI 23.365 MAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain