SKRIPSI PAI
Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sopan Santun Peserta Didik Kelas VIII di MTS Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang
Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Menanamkan Nilai Sopan Santun.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya pemberitaan mengenai fenomena peserta didik di era sekarang yang kurang memiliki kesadaran sopan santun terhadap guru. Dalam hal ini strategi guru akidah akhlak penting dalam penanaman nilai-nilai sopan santun peserta didik. Di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang, guru akidah akhlak kelas VIII menerapkan strategi penanaman nilai-nilai sopan santun menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, dan strategi pembelajaran afektif serta dikolaborasikan dengan beberapa metode pembelajaran antara lain berupa metode pembiasaan, pengajaran, serta keteladanan yang dinilai sudah efektif dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun peserta didik sehingga menarik perhatian peneliti. Hal ini karena tidak semua guru mampu mengetahui dan memahami perilaku, serta kebutuhan peserta didik dalam pendidikan sopan santun.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun peserta didik kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun peserta didik kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Warungasem, guru akidah akhlak, dan peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanwiyah Wahid Hasyim Warungasem.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru akidah akhlak sudah mampu membuat peserta mencapai indikator-indikator bersikap sopan santun. Hal ini tidak terlepas dari sudah tingginya kesadaran guru-guru lain di Madrasah Tsanwiyah Wahid Hasyim Warungasem terhadap pendidikan sopan santun peserta didik, dan juga didukung dengan strategi guru akidah akhlak yaitu strategi pembelajaran inkuiri, dan strategi pembelajaran afektif yang dikolaborasikan dengan beberapa metode pembelajaran antara lain berupa metode pembiasaan, pengajaran, dan keteladanan, serta ada faktor pendukung strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun.
DAFTAR PUSTAKA :
A Octavia, Shilphy. (2020). Etika Profesi Guru, Yogyakarta: Deepublish
Abdullah Sani, Ridwan. (2019). Strategi Belajar Mengajar, Depok: PT. RajaGrafindo Persada, cet ke-1
Agustina, Nora. (2018). Perkembangan Peserta Didik, Yogyakarta: Deepublish
Ahmadi, Abu. (2013). Metodologi Penelitian, Jakarta : Bumi Aksara
Ainiyah, Nur dan Nazar Hadi Pranata Wibawa, Husain. (2013) “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Al-Ulum, Volume. 13, Nomor 1
Akbar Sanjani, Maulana. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri, Binjai: Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, Vol. VIII, Nomor (2)
Al-Ghazali, Imam. (t.th). Ihya ‘Ulum Ad-Din, Kairo: Al-Masyhad Al-Husain
Anggito, Albi Dan Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kalitatif, Sukabumi : CV Jejak
Anjarsari, Tri Yeni. (2021). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik di Smk Islam 1 Durenan Trenggalek, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Tulungagung: IAIN Tulungagung
Cahyaningsih, Nur. (2017). Pendidikan Akhlak : Pembinaan Sikap Sopan Siswa Terhadap Guru Di Mts Negeri I Rakit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Darmadi. (2018). Optimalisasi Strategi Pembelajaran, Bandung: Guepedia, cet ke-1
Destu, Wiwit, Nuraini, dan Topik. (2021). Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik Kelas V B di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sambas. Jurnal EDUKATIF, Vol. VII, Nomor (1): 17-24
Dick, W. and Carey, L. (1990) The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America : Harper Collins Publisher
Djamarah, Saiful B. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, cet ke-5
Febriana, Rina. (2019). Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara, cet ke-1
Gerlach, V.S & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media A systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall
Hardini, Isriani dan Puspitasari, Dewi. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, Dan Implementasi), Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media), cet ke-1
Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, cet ke-2
HS, Nasrul. (2015). Akhlak Tasawuf, Sleman: Aswaja Pressindo, cet ke-1
J Moleong, Lexy. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Kemp, Jerrold E. (1995). Instruction Design: A Plan for Unit and Course Development, Belmon: Feron
Kurniawan, Benny. (2012). Metodologi Penelitian, Tangerang: Jelajah Nusa
Kusnadi, Edi. (2008). Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis, Metro: Ramayana Pers & STAIN Metro
Machfud Arif, M. (2011). Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling Dengan Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlaq Karimah Kepada Siswa SMA N 1 Pleret Bantul, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, cet 2
Maulida, Rahmah. (2022). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VII MTs Al-Hikmah Marihat Bandar. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, Vol. III, Nomor (1)
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Narbuko, Cholid Dan Abu Achmadi, H. (2013). Meotodelogi Penelitian, Jakarta : PT Bumi Aksara
Nur Nasution, Wahyudin. (2017). Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, cet ke-1
Pramesti, Linggar Khalisworo. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Sopan Santun Siswa di Smpn 2 Sambit, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: IAIN Ponorogo
Prastowo, Andi. (2014). Pembelajaran Konstruktivisme-Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, cet ke-1
Putra, Fernanda Rahmadika, Ali Imron, dan Djum Djum Noor Benty. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. III, Nomor (2): 182-191
Rahman, Hibana S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: PGTKI Press
Ras Ulina Sembiring, Helena dan Rohima, Ima. (2017). Membangun Karakter Berwawasan Kebangsaan, Malang: Media Nusa Creative
Ratnasari, Deni dan I Made Arsana. (2013). Penanaman Sikap Sopan Santun Sebagai Pendidikan Moral Kepada Siswa Melalui Tata Tertib Sekolah Di Smk PGRI 2 Kertosono. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. II, Nomor (1)
Ridhahani. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Al-Qur’an, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Rishantri, Putri dan Ajat Sudrajat. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPS, Vol. II, No. II
Rizki AP, Nurhayati, dan Anwar, Fuady. (2021). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing dalam Pembinaan Sopan Santun Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3): 5753-5758
Rohani, Yayuk Rahayu, dan Yulianaingsih M. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. II, Nomor (1)
Ruslan Wahyudin, Undang. (2020). Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Deepublish, cet ke-1
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Solihin, Rahmat. (2021). Akidah Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, Indramayu: CV. Adanu Abimata
Sowiyah. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Media Akademi, cet ke-1
Sukmawati, Dian. (2017). Sopan Santun dalam Bergaul, Jakarta Timur: CV. Indradjaya Anggota IKAPI
Sukring. (2013). Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, cet ke-1
Sulistiani Putri, Fannia, dkk. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. III, No. VI
Suryani, Nunuk & Agung, Leo. (2012). Strategi Belajar Mengajar, Jogjakarta: Penerbit Ombak
Tomayahu, Sulastri. (t.th). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peras Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa di MTs al-Huda Kota Gorontalo, Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, Nina. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Memengaruhi, Jakarta: PT Bumi Aksara, cet ke-1
Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press
VOA Indonesia.com. 2 Desember 2019. Kasus SMP Gresik: mengapa belakangan banyak siswa tantang guru?. (Diakses tanggal 2 Januari 2023), dari https://www.voaindonesia.com/a/smp-gresik-siswa-menantang-guru-mengapa/4782290.html
Wahyudi, Didik dan I Made Arsana. (2014). Peran Keluarga dalam Membina Sopan Santun Anak di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. I, No. II
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian, Jakarta : Prenadamedia Group
Zainul Fitri, Agus. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz
Zona Tanjung, Firima, dan Muhsinah Annisa, dan Ridwan. (2016). Analisis Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Akreditasi di Kota Tarakan. Borneo Tarakan: Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. V, Nomor (2)
23SK2321364.00 | SK PAI 23.364 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain