SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 3 Reban Kabupaten Batang
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Menumbuhkan Akhlak.
Skripsi ini berjudul Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menumbuhkan akhlak siswa di SMP N 3 Reban kabupaten batang. Peranan pendidikan agama islam pada proses Menumbuhkan akhlak siswa di SMP N 3 Reban Kabupaten Batang yang mempengaruhi proses pembentukan akhlak siswa/siswi di SMP N 3 Reban. Secara khusus untuk mengetahui peranan pendidikan agama islam pada proses Menumbuhkan akhlak siswa/siswi SMP N 3 Reban. Dalam ajaran Islam pembentukan kepribadian atau akhlak kepada generasi penerus sangat dibutuhkan, karena generasi tersebut merupakan tonggak perubahan bagi masa depan umat. Pembentukan akhlak tersebut harus dimulai dari usia kanak-kanak sampai ia menjadi dewasa atau sudah mempunyai kepribadian dan karekter sendiri. Dalam pembentukan tersebut, lingkungan dan pendidik sangat menentukan dalam prosesnya terlebih-lebih di lingkungan keluarga dan di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Penelitian ini bersifat deskriptif, penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya”. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang teliti secara tepat. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanWawancara/Interview, Dokumentasi dan Observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus, kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum.
Untuk mencapai tujuan yang sempurna seorang guru memiliki banyak cara untuk mencapai hasil yang maksimal bagi siswanya. Dalam hal pembinaan akhlak pada siswa guru-guru PAI dalam hal ini menciptakan upaya atau tindakan- tindakannya masing-masing dalam menanamkan nilai-nilai yang baik kepada siswa.
Hasil dari penelitian ini bahwa Pendidikan agama islam dalam menumbuhkan akhlak siswa, Seorang guru. Berperan sebagai Pendidik; sebagai komunikator, motivator, pendidik, dan pembimbing. Kedua, strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam meliputi media pembelajaran yang beraneka ragam tentang pembelajaran dalam menumbuhkan akhlak, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, teknik pembelajaran, taktik pembelajaran,. Ketiga, Faktor penghambat yaitu dari lingkungan sekolah, masyarakat, dan krluarga kurangnya perhatian antar masing-masing individu terkait dengan penumbuhan Akhlak.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Prespektif Al Qur’an. Jakarta: Nunggal Cipta.
Akaha, Abduh Zulfidar. 2002. 165 Kebiasaan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,. 12th ed. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
An- Nahid Nunu Ahmad dkk. 2010. Pendidikan Agama Di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Arief, Mahmud. 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah. Yogyakarta: Idea Press.
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Cet. 14.Jakarta: Rineka Cipta.
Ash-Shallabi, Ali Muhammad. 2014. Iman Kepada Al-Qur‟an. Penerjemah Umar Mujtahid . Jakarta: Ummul Qura.
Asyrofah. Lilik. 2015. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya dalam Membentuk Karakter Anak di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bungin, M. Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif : komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.
Daradjat, Zakiah. 2001. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat,Zakiah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara,
Dimyati, Johni. 2013.Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : Kencana.
Falah, Ahmad. 2010. Aspek-aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.
Hadi, Sutrisno. 1973. Metode Research . Yogyakarta : Psikologi UGM.
Hafid, Anwar Dkk.. 2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hawi,Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. akarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hidayat,Nur . 2003. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: PT Ombak.
Kurniawan, Angga Dwi. 2013. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlakul Karimah pada Siswa X di SMA N 1 Pagak. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Magfhirah. 2006. Qur’an Tajwid. Jakarta Timur: Maghfirah Pustaka.
Magfhirah. 2006. Qur’an Tajwid. Jakarta Timur: Maghfirah Pustaka.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. 1995 Akhlak Mulia. Terjemahan oleh Abdul Hayyie al-Kattani. Dkk. Jakarta: Gema Insani.
Majid,Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Makhbubi .Deny. 2009. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 01 Karangploso Malang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Moleong,Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Cet.31. Bandung: Rosda Karya.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nasution. 2000. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Penelitian Mandiri Pada Tanggal 10 Agustus 2022
Qadir, Muhammad Abdul. 2008. Metodelogi Pengajaran Agama Islam, di terjemahkan oleh Mustofa. Jakarta: Rineka Cipta.
Satori Djam‟an dan Aan Komariah. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Cet. 16,.Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Suryani Nunuk dan Leo Agung S. 2012. Strategi Belajar – Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Suryani. 2012. Hadis Tarbawi. Yogyakarta: Teras.
Suryani. 2012. Hadits Tarbawi Analisis Paedagogies hadis-hadis Nabi. Depok : Teras.
Syafri, Ulil Amri. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Al- Qur’an. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Syafri,Ulil Amri. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur‟an. PT. Raja Grafindo: Jakarta.
Umar, Bukhari. 2012. Hadis tarbawi. Jakarta: AMZAH.
Usman Husaini dkk. 2006. “ Metodologi penelitian sosial. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wawancara dengan Ibu sri mulyani, M.Pd, Pada 10 agustus 2022.
Wawancara mandiri dengan Atha zahira dildar pada 10 agustus 2022
Wawancara mandiri dengan ibu Sri mulyani,M.Pd pada 10 agustus 2022
Wawancara mandiri dengan Lutfia Nurfaizah pada 10 agustus 2022
Wawancara Pribadi dengan Adi Nugraha, M.Pd. pada 6 Agustus 2022.
Wawancara pribadi dengan Ahmad syaifurrohman, S.Pd.I pada 6 Agustus 2022.
Wawancara Pribadi dengan siswi Lutfia Nurfaizah pada 10 Agustus 2022
23SK2321363.00 | SK PAI 23.363 AJR s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain