SKRIPSI PAI
Perbandingan Penerapan Metode Ceramah Dan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII A Dan Kelas VII C di SMP N 7 Batang
Kata kunci: Metode Perbandingan, metode ceramah, metode diskusi, PAI
Metode perbandingan sangat banyak digunakan sebagai metode yang paling mudah untuk mendapatkan hasil yang nyata. Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dilaksanakan oleh pendidik. Metode diskusi merupakan suatu metode pengajaran yang mana pendidik memberi suatu persoalan atau masalah kepada peserta didik, dan peserta didik diberikan kesempatan secara bersama-sama untuk memecahkan masalah itu dengan peserta didik lainnya.
Penelitian ini dilatar belakangi perbandingan metode ceramah dan diskusi dalam pelajaran PAI. Metode ceramah dan diskusi sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan agama Islam. Melalui kedua metode ini, siswa akan mengenal seperti apa metode yang akan digunakan dalam pembelajaran di sekolah dan dapat juga membantu siswa untuk mengembangkan potensinya dengan metode tersebut. Selain itu juga siswa dapat mudah memahami pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Rumusan masalah dari penelitian ini Pertama, Manakah metode yang lebih baik antara metode ceramah dan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman belajar pada proses pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas VII SMP 7 Batang. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Untuk mengetahui perbedaan dari hasil penerapan metode ceramah dengan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman belajar pada proses pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas VII SMP 7 Batang. Kedua, Untuk mengetahui metode manakah yang lebih baik antara metode ceramah dan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman belajar pada proses pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas VII SMP 7 Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, dokumentasi dan Tes tulis. Subjek yang diteliti sebanyak 60 siswa. Dalam proses analisis data di sini menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 26. Penganalisisan data menggunakan uji Homogenitas, uji Normalitas dan uji hipotesis. Bahwa hasil perbandingan dari metode pembelajaran ceramah di kelas VII A dan metode pembelajaran diskusi di kelas VII C SMP N 7 Batang terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Maka dari hasil uji tes pada kedua kelas antara eksperimen dan kontrol, maka metode ceramah yang lebih unggul atau lebih baik dari metode diskusi dengan perbandingan nilai rata-rata 84,6 dari 30 responden dan untuk metode ceramah dan 75.3 hasil rata-rata dari 30 responden penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman belajar.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati, 2001. ilmu Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Amaliah, Raden Rizki, Abdul Fadhil dan Sari Narulita, 2014. “ Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta”. Jurnal Studi, Al-Qur’an 10, No, 2. 13
Ariends, R. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Puji. 2013. Pengaruh Event Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok Envio Mild Survei Pada Konsumen Bisnis Mitra Usaha PT. Djarum. Bandung: UPI. Bandung.
Aziz, Abdu 2010. Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Teras.
Bahri, Syaiful Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru Surabaya: Usaha Nasional.
Basyiruddin, Muhammad Usman. 2011. Tafsir Tarbawi, Pekan Baru. Riau: Zanafa Publishing.
Choirul Arief, Ikhwan, 2021.“Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII Mts Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun.
Cica R, Mustapa. 2018. Urgensi Tujuan Pendidikan dalam Praktik Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Menegemen Islam: Volume 6, no.1,
Dirman dan Cicih Juarsih. 2004. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik: dalam rangka Implementasi standar proses Pendidikan siswa. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ernasari. 2011. Efektivitas Pembelajaran Model Inquiry Dengan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Studi Experiment Pada Pembelajaran Akutansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Racaekek . Tesis Magister pada PIPS UPI Bandung.
Faisal, Sanafiah. 2005. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Fathurrahman, Muhammad. dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Fauzi, Muchamad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif: Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdayana, Jumatan. 2016. Metodologi Pengajaran Jakarta: Sinar Grafika,
Hanif, Halid dkk. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Indah Maya, Purwita. 2017. dengan judul skripsi “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Antara Yang Diterapkan Metode Diskusi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTS Nurul Falah NW Lajut Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jahja, Yudrik. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Persada Media Group.
Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung, RosdaKarya.
Kusnadi,. 2018. Metode Pembelajaran Kolaboratif: Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe. Jawa Barat: Edu Publisher.
Lestari dan Yudhanegara M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Magdalena. Riana. 2019, Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal TEKNO.
Vol. 16, No: 1. 38.
Majid, Abdul 2012. Perencanaan Pembelajaran, Bandung PT Remaja Rosdakarya.
_________. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Rosda Karya.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Miftachul, Achsin. 2011. dengan judul skripsi Perbandingan Hasil Metode Ceramah dan Metode Diskusi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam PAI Pada Kelas I-11 dan Kelas I-12 SMU Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo.
Mustapa. Cica R., 2018. “Urgensi Tujuan Pendidikan dalam Praktik Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Manajemen Islam: Volume 6, no.1.
Nata, Abidin. 1997. Filsafat Pendidikan, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nikmah, Miftahun 2017. dengan judul skripsi “Penggunaan Metode Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung.
Noor, Juliansyah. 2014. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah Cet. 4. Jakarta: Prenada Media Group.
Nur, Siti Aidah dkk. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Jogjakarta, KBM Indonesia.
Putu. Dewa Yudhi Ardiana dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Rahmat, 2019. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Bening Pustaka.
Rizky. Raden, Amaliah. Dkk. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jakarta: Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani Vol.10, No. 2.
Saidi, Ahmad. 2019. dengan judul skripsi “Pelaksanaan Metode Ceramah dan Metode Diskusi Pada Bidang Studi Fikih Di MTs N Muarasipongi.
Sanjaya, Wina. 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kecana Prenada Media Grub.
Saroh, Miss Tasnim. 2015. dengan judul skripsi “Pelaksanaan Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI Di Sekolah Rungrote Wittaya Songkhla, Thailand Selatan.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan, Perhitungan Manual dan SPSS Cet. 2. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soetomo, 1993.Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Usaha Nasional.
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukadi. 2006. Guru Powerful Guru Masa Depan, Bandung: Kolbu.
Suryono dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Tambak, Syahraini. 2014. Metode ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Riau: Jurnal Tarbiyah Vol. 21 No. 2.
Tiwery, Badseba. 2019. Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS Higher Order Thinking Skills. Malang: Media Nusa Kreatif.
Usman, M.U., dan Setiawati L. 2001 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya Bandung.
Zaiful, Moh. Rosyid, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
23SK2321362.00 | SK PAI 23.362 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain