SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Pembelajaran Eklektik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di Madrasah Aliyah Rifa'iyah Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Metode Eklektik, Sejarah Kebudayaan Islam
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang berisi tentang sejarah dan peristiwa kejadian terdahulu menjadikan tantangan tersendiri dalam proses pembelajaranya. Dengan begitu seorang guru memberikan edukasi dalam menyampaikan materinya, seperti metode eklektik ini yang menjadikan pembelajaran semakin efektif. Dalam prakteknya metode eklektik ini dapat diaplikasikannya oleh seorang guru dalam suatu kondisi pengajaran di depan kelas, dapat dilakukan dengan individu maupun berkelompok dengan persiapan yang baik dan kesungguhan dalam mempraktekan metode ini
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran eklektik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Rifa’iyah kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana hasil implementasi metode pembelajaran eklektik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Rifa’iyah kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi metode pembelajaran ekliktik pada mata pelajaran SKI yaitu a) Tahap perencanaan seperti 1) Menentukan tujuan pembelajaran SKI. 2) Mentukan materi pembelajaran SKI. 3) Menentukan metode dalam pembelajaran SKI . 4) Menentukan pendekatan dalam SKI. 5) Menentukan media pembelajaran SKI. 6) Menyiapkan (RPP) SKI. b) Tahap pelaksanaan dengan penggunaan metode Eklektik atau metode yang variatif dalam pembelajaran seperti 1) metode syiiran 2) metode presentasi 3) metode diskusi 4) metode tanya jawab 5) metode ceramah c) Tahap Penilaian seperti 1) Data dapat dikumpulkan melalui tes, tugas, proyek, atau observasi yang kemudian di evaluasi dalam pembelajaran yang lebih baik. Kedua, hasil implementasi metode pembelajaran ekliktik pada mata pelajaran SKI yaitu a) Adanya Perubahan Prestasi belajar seperti 1) Memudahkan siswa dalam pemahaman materi dengan cepat. 2) Bertujuan agar siswa memahami hikmah maupun ibrah. 3) Mendorong semangat bagi siswa yang menyukai pelajaran SKI. b) Adanya respon guru dan siswa seperti.
DAFTAR PUSTAKA :
Adity, Dedy Yusuf. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, Jurnal SAP, Vol. 1, No . 2.
Al Ghozali, M. Dzikrul Hakim, and Lailatul Mathoriyah. 2020. "Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang." Jurnal Education and Development 8.4
Andriani, Sri, Saleh Hidayat, and Indawan Indawan. 2021. "Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)." BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 4.2
Arifin, Haris Nursyah. 2020. "Respon siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19 di madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan." Widya Balina 5.1
Baroroh, R. Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati. 2020. "Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif." Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 9.2
Fathurrohman, Amang. 2020. “Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Madrasah Tingkat Dasar di Kabupaten Pasuruan”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No . 2.
Hanafi. 2009. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam), Jakarta: Rajawali Pers, Ed.Revisi-10.
Hidayat, Dafid Fajar. 2022. "Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan 8.2
Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe’i. 2018. "Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah." Rayah Al-Islam 2.01.
Ikhwan, and Titin Nurhayati Ma'mun. 2022. "Pendampingan Pembelajaran Syi’iran: Upaya Pembentukan Karakter Santri Di Kabupaten Bandung Barat." Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat 11.3
Jamil, Mukhsin. 2010. Syi’iran dan Transmisi Ajaran Agama Islam di Jawa. Semarang: Walisongo Press.
Kurniati, Tuti, et al. 2021. "Respon guru terhadap kendala proses pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19." Jurnal Educatio FKIP UNMA 7.1
Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1.
Maulana, Mustofa. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Hadits Melalui Syi’iran Jawa Karya Khmthohirin Azm Dimadrasah Diniyyah Fathul ‘Ulumpasirwetan Karanglewas Banyumas”, Skripsi, PAI. Purwokerto : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Moloeng, Lexy J. 2009. “Metodologi Pendidikan Kualitas, Remaja Rosdakarya”, Bandung, Cet. 26.
Mumtahana, Lusia, Hepi Ikmal, and Ayu Afita Sari. 2022. "Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq." Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL) 2.1
Nasution, Abdul Gani Jamora, et al. 2023. "Implementasi Metode Yang Menyenangkan Pada Pembelajaran SKI Di Min 12 Medan." Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa 2.1
Parhan, Muhamad Parhan. 2018. "Kontekstualisasi materi dalam pembelajaran." ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar 3.1
Persada, Yuris Indria. 2020. "Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5.1
Putra, I. Made Tri Pramana. 2022. "Kajian Literatur Sistematis: Integrasi Model Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues pada Pembelajaran IPA." Jurnal Pendidikan MIPA 12.3
Rafikasari, Fitriani, et al. 2021. "Keefektifan pembelajaran agama islam melalui pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem) di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5.5
Ridwan. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal”, Jurnal Kependidikan, Vol. 13, No. 1.
Rumiana, Hasni, and Deri Wanto. 2022. "Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTsn 1 Belumai Rejang Lebong." KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan 2.3
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, Evi Yuliana. 2017. “Penerapan Metode Kisah Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas Iii Min 8 Bandar Lampung”, Skripsi, PGMI, Bandar Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sholihah, Marwah, and Nurrohmatul Amaliyah. 2022. "Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar." Jurnal Cakrawala Pendas 8.3
Sibuea, Shomali Kurniawan. 2019. “Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Darul Hikmah Tpi Medan”, Tesis, PAI. Medan : UIN Sumatera Utara.
Suherman, Asep, et al. 2022. "Upaya Membangun Dan Memelihara Semangat Belajar Di Masa Pandemi Pada Yayasan Pondok Pesantren Izzatul Islam." Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin 1.1 (2022): 56-61.
Suryana, Dadan. 2022. "Efektivitas Teknik Presentasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.3
Syarif Sumantri, Mohammad. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. 2020. "Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2.1
Widiyanto, I. Putu, and Endah Tri Wahyuni. 2020. "Implementasi Perencanaan Pembelajaran." Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen 4.2
23SK2321361.00 | SK PAI 23.361 WIL i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain