SKRIPSI PAI
Implementasi Program Tahfidz Dalam Pengembangan Nilai Religius Peserta Didik di MTs Azzaky Buaran Kota Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahfidzul Qur’an dalam pengembangan nilai religius peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat implementasi program tahfidzul Qur’an dalam pengembangan nilai religius peserta didik di MTs Azzaky Buaran Pekalongan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dengan sumber data yang diperoleh dari narasumber dan dari hasil penelitian terdahulu, jurnal dan buku yang sesuai kajian skripsi yang dibahas. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan pengamatan serta dengan melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfidz dalam pengembangan nilai religius
dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, perencanaan tahfidz meliputi menentukan tujuan, menentukan target hafalan, dan membuat perangkat pembelajaran. Kedua, pelaksanaan tahfidz meliputi alokasi waktu pembelajaran yaitu 6 jam pelajaran dalam minggunya, materi pelajaran tahfidz adalah tajwid, tartil Qur’an, dan sambung ayat. Strategi yang digunakan dengan membagi dua guru pembimbing dalam satu kelas. Dalam pembelajarannya menggunakan metode muroja’ah klasikal, metode ziyadah, dan muroja’ah berpasangan. Ketiga, evaluasi tahfidz yang dilakukan adalah penilaian harian pada saat setoran, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester. Dalam pelaksanaan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tahfidz. Adapun nilai religius dari tahfidzul Qur’an adalah siswa selalu menjaga wudhu, berdoa sebelum pelajaran dimulai, mempersiapkan diri untuk muroja’ah klasikal, siswa yang sudah hafal langsung maju dan mengantri untuk setoran kepada gurunya, setelah selesai setoran siswa tidak lupa cium tangan kepada gurunya. Sedangkan faktor nilai religius dari tahfidzul Qur’an dapat dilihat dari metode pembiasaan siswa selama mereka berada di sekolah sehingga siswa memiliki karakter positif yang tertanam dengan sendirinya.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad Saebani, Beni. 2013. Manajemen Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2014. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Eva Fatmawati, Eva. 2019. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an”. Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol. 4 No. 1. Juni.
Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
J. Moeleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Nurul Haq, Dadan dkk. 2020. Pengembangan Karakter Religius Di Sekolah Dengan Pendekatan Kontekstual. Banyumas: CV Amerta Media.
Pageh, I Made. 2020. Kepahlawanan Ide Made Rai Dalam Perang Banjar Menetang Colonialisme Belanda Tahun 1869. Jawa Tengah: Lekeisha.
Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ayu.
Romika Mawaddati, Ika. 2021. “Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pesantren Tahfidhul Qur’an Nahdlatut Thalabah Kesilir Wuluhan Jember”, Journal Education Research and Development, Vol. 5, No. 1.
Sa’dulloh. 2011. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Shobirin, Muhammad. 2018. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Jurnal Quality. Vol 6. No 1.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sucianti, Cucu. 2017. “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini”. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STIKP Siliwangi Bandung.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
23SK2321360.00 | SK PAI 23.360 ISL i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain