SKRIPSI PAI
Implementasi Penanaman Sikap Takzim Dalam Membentuk Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Amin Kabupaten Tegal
Kata Kunci: Implementasi, Takzim, Kedisiplinan dan Santri.
Sikap takzim merupakan perwujudan atas pengagungan santri terhadap guru. Menganggap guru adalah seseorang yang alim dan agung membentuk santri yang patuh akan perintah dan nasehat-nasehat yang diberikan. Dari rasa patuh tersebut diyakini berimplikasi pada kedisiplinan santri dalam kehidupan sehari-hari. Karakteristik disiplin ini meliputi ketaatan santri dengan aturan, partisipasi secara penuh santri terhadap kegiatan yang terjadwal, kesopanan santri dalam bersosialiasi dan kesetiaan santri terhadap guru dan pondok pesantren.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penanaman sikap takzim pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Amin Kabupaten Tegal dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap takdzim pada santri terhadap kedisiplinan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Amin Kabupaten Tegal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman dan Spradley yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian verifikasi dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penanaman sikap takzim dalam membentuk kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Amin Kabupaten Tegal berjalan dengan baik. Strategi yang cukup dipersiapkan dengan sederhana, metode yang bervariasi sesuai karakteristik santri dan pemanfaatan media yang cukup baik terutama kitab kuning salaf yang digunakan sebagai sumber pembelajaran tekstual terkait akhlak takzim santri. Karakter disiplin yang terbentuk dari implementasi sikap takzim di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Amin berasal dari rasa patuh terhadap guru dan pondok pesantren. Faktor pendukung implementasi penanaman sikap takzim dalam membentuk kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Amin Kabupaten Tegal yaitu kesadaran santri yang baik, latar belakang keluarga yang mendukung dan sistem pembelajaran yang menunjang. Sedangkan faktor penghambat implementasi penanaman sikap takdzim dalam membentuk kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Amin Kabupaten Tegal yaitu karakteristik santri yang bermacam-macam dan pola asuh orang tua yang kurang baik.
DAFTAR PUSTAKA
Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Anwar, Khoirul. 2017. Peran Kiai Dalam Pemilihan Calon Pasangan Bagi Santri Berdasarkan Konsep Takzim Perspektif Teori Struktural Fungsional. Tesis Al Ahwal Al Syakhsiyyah. Malang: Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim.
Asy’ari, Hasyim. Terjemah Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim, terj. Ishom Hadziq.
Az-Zarnuji. Terjemah Kitab Ta’limul Muta’allim. terj. Abdul Kadir al-Jufri.
Basri, Hasan. 2021. Penanaman Sikap Ta’dzim Dalam Membentuk Kepatuhan Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul A’mal Metro. Skripsi Bimbingan dan Konseling Islam. Lampung: UIN Raden Intan.
Busyro, Muhtarom. 2012. Shorof Praktis Metode Krapyak. Yogyakarta: Putra Menara.
Damayanti. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dhofier, Zamakhsyari. 2009. Tradisi Pesantren Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa. Yoyakarta: Pesantren Nawesea Press.
Fitriani, Ainul. 2019. Penanaman Sikap Ta’dzim Dalam Membentuk Kepatuhan Santri (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Darul Abror Watumas Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara). Skripsi Tesis: IAIN Purwokerto.
Huda, Mahmud dan Siti. L.L. 2021. Nikah Siri Dalam Motif Santri Pondok Pesantren. Jurnal Hukum Islam. Vol. 6. No. 1.
https://kbbi.web.id/disiplin. (Diakses pada Ahad, 18 Desember 2022)
https://kbbi.web.id/implementasi. (Diakses hari Ahad tanggal 18 Desember 2022)
Khuluse, N.L. 2009. The Effect Of Discipline On Academic Achievement In Secondary School. Dissertasi: Master Pendidikan. Departemen Psikologi Pendidikan dan Kebutuhan Khusus Pendidikan. Fakultas Pendidikan.Universitas Zululand.
Mardiyah, Imtihatun. 2020. Internalisasi Sikap Patuh dan Ta’dhim Santri (Studi Eksperiman Di Pondok Pessantren Darul Hidayah, Uman Agung Bandar Mataram), DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 2.
Nafiah, Zuhrotun dan Miftahuddin. 2022. Strategi Penanaman Sikap Takzim dan Ketaatan Beribadah Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Salatiga. Attractive: Innovative Education Journal. Vol. 2. No. 3.
Nasehuddin, T.S dan Nanang .G. 2011. Metodologi Penelitian. Cirebon: CV. Pangger Cirebon.
Ningsih, B.M dan Argo .W. 2014. . Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Layanan Informasi Media Film. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1. No. 1.
Poerbakawatja, Soegarda. 2007. Ensiklopedi Pendidikan.
Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. Vol. 17. No. 33.
Sholekhah, Yulia Fajriatus. 2021. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Sikap Ta’dzim Peserta Didik kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. Skripsi: IAIN Tulungagung.
Suci, Rizki Respati. 2010. Strategi Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Donoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Suharyat, Yayat. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region. Vol. 1. No. 3.
Untung, M.S. 2019. Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Litera.
Usman Nurdin. 2022. Konteks implementasi berbasis kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zainuddik, Dkk. 1991. Seluk-Beluk Pendidikan Al-Ghozali. Jakarta: Bumi Aksara.
23SK2321359.00 | SK PAI 23.359 AZI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain