SKRIPSI PAI
Implementasi Penggunaan Kitab Hidayatus Sibyan Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Metode Lalaran Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Pembelajaran Ilmu Tajwid, Metode Lalaran, dan Kitab Hidayatus Sibyan
Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal di Kesesi. Pembelajaran ilmu tajwid adalah salah satu materi yang diajarkan disini. Dalam pembelajaran ilmu tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran menggunakan kitab Hidayatus Sibyan sebagai pedoman dalam pembelajaranya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Penggunaan Kitab Hidayatus Sibyan Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Metode Lalaran Santri Di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan? (2) Apa Saja Implikasi Dari Penggunaan Kitab Hidayatus Sibyan Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Metode Lalaran Santri Di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: 1 ustadz, 1 ustadzah, dan 3 santri kelasa Al-Kitab Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen terkait sejarah dan profil, dokumentasi nilai, dan informasi lainya yang relevan. Peneliti menggunakan teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan memverivikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Penggunaan Kitab Hidayatus Sibyan Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) NU Al-Furqon Desa Kwigaran berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaranya. Disamping itu Adanya pembelajaran tersebut memberikan implikasi bagi para santri yaitu: kemampuan membaca kitab, pemahaman ilmu tajwid, dan kepekaan dalam membaca Al-Qur’an.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurroozzaq, dkk. 2022. “Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan”. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman: Vol. 9. No. 2.
Al-Hafidz, dan Abdul Aziz Abdul Rauf. 2000. Panduan Daurah Al-Qur’an Kajian Ilmu Tajwid. Jakarta: Dzilal.
Ananda, Rusyadi. 2019. Perencanaan Pembelajaran, (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI),
Annisa,dkk. 2020. Studi Deskriptif Terhadap Pembelajaran Ilmu Tajwid Pola K.H. SaefudinAhmad dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bandung Conference Series: Islamic Education.
Arif,dkk. “Penerapan metode Iqra’ Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Quran di TK Hiama Kids”. Jurnal Unilak.
Arwani, dan Muhamad Ulinuha. 2009. Thoriqoh Baca Tulis Dan Menghafal Al-Qur’an Yan’bua, Kudus: Ponok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus.
Azizi, Abd.. 2011. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Div. Madrasah Diniyah RMI PWNU Jateng. 2020. Pedoman Madrasah Diniyah Nahdlatul Ulama. Semarang: Rabithah Ma’ahid Islamiyyah (RMI).
Djamrah,dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eka Santi Kusumawardhani dkk. 2022. “Implementasi Metode lalaran Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu Di Pondok Pesantren Al-Barkah Al- Islamiyah Tanggerang selatan”. Muhibul Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember. Vol. 2. No. 2.
Fathoni, Abdurahman. 2006. Metodologi penelitian Dan Teknik Penyusun Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Amirul. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hamid, Hamdani. 2018. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian & Pengemmbangan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Hanafi, Muh Sain. 2014. “Konsep Belajar dan Pembelajaran “. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 17. No. 1.
Hasan,dkk. 2018. “Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran secara Tartil”. Al-I’Tibar: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5. No. 1.
Hasbiyallah, dan Moh Sulhan. 2015 Hadits Tarbawi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rikin, Penyuluh Agama Islam Bidang PBHQ KUA Kec. Bobotsari https://purbalingga.kemenag.go.id/metode-dan-syarat-membaca-al-quran/. Diakses pada 25 Februari pukul 10.00 WIB
Iskandar, Muhammad Amirullah. 2020. “ Pelaksanaan Dirasah Qur’aniyah Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Baca Al-Qur’an di Desa Tukamasea Kabupaten Maros”. Wahatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1. No. 1.
Kambela, Adam Dwi. 2021. Skripsi Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP NEGERI 17 Kota Bengkulu. Bengkulu: Perpustakaan IAIN Bengkulu.
Khoirudin, Muhammad Lutfi Anam. 2021. Skripsi Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Nadzam Kitab Hidayatus Sibyan di TPQ Darussalam Dukuh Waluh Kabupaten Banyumas. (Purwokerto: Perpustakaan UIN Saizu.
Khuluqo, Ihsana El, Istaryatiningtya. 2022. Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Sulteng: Feniks Muda Sejahtera.
Khusna, dkk.“ 2020. Program Penerapan Kitab Syifa’ul Jinan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Mengembangkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Desa Sumber Kepuh Butuh Kras Kediri”. JPMD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa. Vol. 1. No. 3.
Madyan, Ahmad Shams. 2008. Peta Pembelajaran al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Magdelana, dkk. 2020. “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya”. jurnal Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol.2. No. 2.
Mahendra, Yusril. 2022. SANTRI: Pondok Pesantren Mengapa Sangat Penting Saat Ini. Bogor: Guepedia.
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Megantara, Kartika, Abdul Wachid BS.. 2021. “Pembiasaan membaca Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Gerakan Literasi Sekolah”. Jurnal: Onama: Pendidikan, Bahasa, dan sastra. Vol. 7. No. 2.
Milatuchulwiyah. 2018. Skripsi Pengaruh Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Mata Pelajaran Tahsinul Qur’an Mts Yayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mathlatul Huda Ambarawa Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. Metro: Perpustakaan IAIN Metro.
Milles, Matthew B., A Michael Huberman, Jhohny Saldana. 2014. Qualitative Data Analisis A Methods Sourcebook Edition 3. Printed in USA: Library of Cogres Cataloging-in-publication data.
Moleong. Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.
Mursyid, Ali, Inayatul Mustautina. 2019. “Tajwid Nusantara, Kajian Sejarah, Tokoh, dan Literatur “. Jurnal El-Furqonia. Vol. 5. No.1.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pusaka.
Nana Syaodih Sukamadita. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nata, Abudin, Azyumardi Azra. 2001. Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Nata, Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nata, Abudin. 2013. Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Nata, Abudin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Kencana.
Nizhan, Abu. 2008. Buku Pintar Al-Qur’an. Jakarta: Qultum Media.
Pakpahan, Andrew Fernando dkk. 2021. Metodologi Penelitian Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pane, Aprida, Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar dan Pembelajaran “. Jurnal Fitrah. Vol. 3. No.1
Ramayulis. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ridwan, dan A. Fajar Awaludin. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab di Roudhotul Athfal”. Didaktika: Jurnal Kependidikan. Vol. 13. No. 1.
Rohmad, Ali. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Rosaliza, Mita. 2015. “Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatfi”, Jurnal Ilmu Budaya. Vol. 11. No. 2..
Sa’din, Said bin. T.th. Syifaul Jinan. Surabaya: Maktabah Ashiriyah.
Sadi, Anthin Lathifah. 2015. Ke-NU-an Ahlussunah wal jamaah. Semarang: Lembaga Pendidikan Ma’arif NU.
Sanjaya , Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shams, Ahmad Madyan. 2008. Peta Pembelajaran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sholihah, Zumrotus. 2020. Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan dalam Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Di Kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiin Dusun Biro Desa
Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Kediri: Perpustakaan IAIN Kediri.
Soesana, Abigail, dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sopandi, Deden, dan Andina. 2021. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sudjana, Nana, Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Suhartini, Andewi. 2010. “Latar Belakang, Tujuan, Dan Implikasi”. jurnal pendidikan belajar tuntas. Vol. 10. N0. 1.
Sumaharsono, Rudy dan Hasbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi..
Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran “. Jurnal Kependidikan. Vol. 2. No. 2.
Syafi’I, A. Mas’ud. 2013. Pelajaran Ilmu Tajwid. Semarang: M.G.
Usman, Misnawaty. 2019. Komunikasi Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Yasmadi. 2005. Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Transnasional. Jakarta: Ciputat Prass.
Yohanes, Feri, Sutriyono. 2018. “Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling Dan Luas segitiga Bagi Siswa Kelas VIII”. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 2.
No. 1.
Zen, Muhaimin, Akhmad Mustafid. 2006. Bunga Rampai Mutiara Al-Qur’an. Jakarta: Jam’iyyah Qurra’ Wal Huffadz.
23SK2321358.00 | SK PAI 23.358 SYA i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain