SKRIPSI PAI
Regulasi Diri Mahasiswa Penghafal Al-Qur'an Dalam Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur'an di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya regulasi diri bagi seorang penghafal. Dalam hal ini alasan utama diadakannya penelitian pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN K.H. Abdurrahman wahid ini karena banyak dari para mahasiswa yang notabene-nya adalah dari kalangan pondok pesantren yang juga penghafal Al-Quran. menghafal Al-Qur’an sendiri memerlukan ingatan yang kuat dan proses penjagaan yang panjang. Dihadapkan dengan itu mereka juga mempunyai peran sebagai mahasiswa yang tak lepas dari tugas-tugas akademik. Dari situ peneliti memandang bagaimana pentingnya pengaturan diri yang dalam ilmu psikologi disebut sebagai regulasi diri (self regulation). Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana gambaran regulasi diri mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an di FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Dan faktor apa saja yang mempengaruhi regulasi diri mahasiswa penghafal Al-Qur’an Qur’an di FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait gambaran proses regulasi diri dan faktor yang mempengaruhi serta problematika yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari diri mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an di FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan data sekunder didapat dari orang terdekat (orang tua, teman dan ustadzah ngaji), jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari kondensasi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, menunjukkan adanya proses regulasi diri yang baik sesuai aspek-aspek yang ada, Regulasi diri mahasiswa penghafal yang meliputi aspek metakognisi yakni melalui: pertama tahap perencanaan, mengenai bagaimana pemilihan metode menghafal yang efektif dan sesuai kemampuan dirinya sebagai pendukung utama proses hafalan juga kebiasaan rutin yang dilakukan sebelum menghafal baik kebiasaan jasmaniah seperti wudhu ataupun kebiasaan ruhaniah seperti berdo’a. Kedua, tahap organisir, mengenai pembagian waktu antara menghafal dan belajar materi kuliah dimana pemilihan waktu yang tepat serta memprioritaskan diri terhadap kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat dan mendukung bagi penghafal dan organisir bagaimana cara menghafal dengan baik serta istiqomah dan lanyah. Ketiga, tahap pengukuran diri atas usaha-usaha yang dilakukan dalam proses menghafal yaitu mengenai tantangan, kesulitan dan permasalahan yang dihadapi serta bagaimana cara menyelesaikan tantangan dan kesulitan tersebut agar tidak menghambat seorang penghafal dalam mencapai tujuannya. Faktor yang mempengaruhi bagaimana regulasi diri mahasiswa penghafal meliputi faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorong diantaranya fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa penghafal, support dan motivasi dari orang-orang terdekat serta kemampuan para mahasiswa untuk mempertahankan motivasinya. Selanjutnya faktor penghambat diantaranya rasa malas, menemukan kata-kata yang sulit saat menghambat dan pengaruh gadget.
DAFTAR PUSTAKA :
Al-Hafidz, Ahsin W. 2015. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Al-Mulham, Abdullah. 2013. Menjadi Hafizh Al-Qur’an Dengan Otak Kanan. Jakarta: Pustaka Ikadi.
Al-Qur’an. 2014 al-Muzammil ayat 4, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Depok: Departemen Agama RI, CV Rabita.
Alwisol. 2018. Psikologi Kepribadian Edisi revisi. Malang: UMM Press.
Annuri, Ahmad. 2018. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Pembahasan Ilmu Tajwid cetakan 12. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
As-Sirjani, Raghib, dan Abdul Khaliq. Abdurrahman. 2013 Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an. Cetakan I. Solo: Aqwam
Baduwailan, Ahmad. 2016. Menjadi Hafizh Tips & Motivasi Menghafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam.
Chairani, Lisya. M.A Subandi. 2021. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an: Peranan Regulasi diri. Cetakan II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fajar Utami, Anis. 2017. Regulasi Diri Remaja Penghafal Al-Quran. Skripsi: Fakultas Psikologi dan Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fitriya dan Lukmawati. 2016. Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna Palembang. Jurnal Psikologi Islami. Vol.2 No.1.
Fitroti, Ulin Nuriyatul, and Muhammad Irfan Riyadi. 2022. Self Regulation Santriwati Penghafal Quran di Asrama Putri Pondok Pesantren Al Islam Joresan. JUSMA: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat Vol. 1 No. 2.
Friedman, Howard S, dan Miriam W. Schustack. 2008. Kepribadian Teori Klasik Dan Riset Modern Edisi Ketiga. Surabaya: Erlangga.
IAIN Pekalongan, Album Kenangan Wisuda IAIN Pekalongan 2019.
IAIN Pekalongan, Buku Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan 2019.
Ibrahim. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Islamiah, Fajriyatul. 2015. Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Integritas Akademik Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an. Skripsi: Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Khoeron, M. 2012. Pola Belajar dan Mengajar para Penghafal Al-Qur'an (Huffaz). Widyariset, Vol. 15 No.1.
Kusuma, Rudy Hadi. 2021. Konseling Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Pesantren (Layanan Untuk Meningkatkan Pengaturan Diri Santri). Palembang: Bening media Publishing.
Luthfiyaturrofifah, Annisa. 2021. Upaya Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an Dalam Mencapai Prestasi Belajar Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Malang (Skripsi: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Luthfiyaturrofifah, Annisa. 2021. Upaya Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an Dalam Mencapai Prestasi Belajar Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Malang. Skripsi: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Machmud, Ammar. 2015. Kisah Penghafal Al-Qur’an Disertai Resep Menghafal Al-Qur’an dari Para Pakar. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mahfudhotin Nafi’, Siti. 2016. Ayo Sekolah Plus Menghafal Al-Qur’an. Kudus: tren yasin.
Makki Nashr Al-Juraisy, Syekh Muhammad. 2016. Panduan Lengkap & Praktis Ilmu Tajwid (Jawa Barat: Fathan Media Prima.
Mardiana, Inggit Banafsaj. 2021. Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Resiliensi Santri Penghafal Al Qur’an Di Islamic Boarding School (Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang)
Marza, Suci Eryzka. 2017. Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan (Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mufid, Muhammad dan Arifin, Jainul. 2021 Revitalisasi Ma’had al-Jami’ah IAIN Pekalongan Dalam Menyongsong Kampus Merdeka Belajar. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal. Vol 31 No 2.
Musyrifah, Chilmiyyatul. 2016. Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Dalam Meningkatkan Self Regulation Siswa. Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan. Surabaya: UIN sunan Ampel.
Najib, Mughni. 2018. “Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk (kediri: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Volume 8, Nomor 3)
Nur Rachmah, Dwi. Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada Vol. 42 No. 1.
Paulina, Melisa dan Istiningtyas, Lukmawati. 2021. Regulasi Diri Dan Makna Hidup Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur`an Di Rumah Tahfidz Yatim Dhuafa Palembang. Palembang: Jurnal Of Psikolog. Vol. 9 No.1
Prasetya, Dimas. “Sebanyak 47 Mahasiswa Ikuti Seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an” https://www.iainpekalongan.ac.id/info/1032-sebanyak-47-mahasiswa-ikuti-seleksi-beasiswa-tahfidz-al-qur-an diakses pada 31 Mei 2022 pukul 09.34 WIB.
Pratiwi, Ika Wahyu & Wahyuni, Sri. 2019. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Self Regulation Remaja dalam Bersosialisasi. Universitas Borobudur. Jurnal JP3SDM, Vol.8 No.1.
Rachmah, Dwi Nur. "Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki peran banyak." Jurnal psikologi 42.1 (2015): 61-77.
Rafiq El-Mazni, Ainur. 2013. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an (Manna’ Al-Qaththan). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. cet.Ke-9.
Robbina, Dani. 2016. Upaya Santri Non Mukim Dalam Memelihara Hafalan Al-Quran Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Skripsi: STAIN Pekalongan.
Rochmatul Wachidah, Nor, and Hakim Habibie, M. Luqmanul. 2021. Self Management Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur’an. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol. 11 No.1.
Romika Mawaddati, Ika. 2021 Metode Menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfidhul Qur’an Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Education Journal: Journal Educational Research and Development. Vol 5 No 1.
Salim Badwilan, Ahmad. 2010 Pedoman Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press.
Setiyo Budi, Arif & Mahpur, Muhammad. Dinamika Psikologis Istiqomah Pada Santri Hamilil Qur`an Pondok Pesantren Madrasatul Qur`an Tebuireng. Malang: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam. Vol 11.
No. 1.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, R. 2015. Efektifitas Konseling realitas untuk peningkatan regulasi diri mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Psikologi, 11(2), 88-93. Yogyakarta.
Ubaid, Majdi. 2015. 9 Langkah Mudah menghafal Al-Qur’an, cet ke 3, Diterjemahkan oleh: Ikhwanuddin dan Rahmad Arbi Nur Shaddiq. Solo: PT. Aqwam Media Profetika.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Yogyakarta: Penerbit Litera.
Vera, Feti. 2018. Strategi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam, Skripsi. Jakarta: Perpustakaan UIN.
Wahidi, Ridhoul. 2017. Hafal Al-Qur’an Meski Sibuk Sekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Z. A., Dami, dan Parikaes, P. 2018. Regulasi diri dalam belajar sebagai konsekuen. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 1 N0. 1.
23SK2321354.00 | SK PAI 23.354 LIN r | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain