SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Kitab Uyunul Masa-il Linnisa Dalam Memahami Haidl Dan Istihadloh di Pondok Pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya santri yang belum bisa membedakan darah yang keluar dari vaginanya. Oleh sebab itu di pondok pesantren Az Zabur Kajen mengadakan pembelajaran kitab Uyunul Masa-il Linnisa, yang mana kitab tersebut membahas permasalahan-permasalahan tentang haidl dan istihadloh. Sedangkan dalam pembelajaran kitab Uyunul Masa-il Linnisa di pondok pesantren Az Zabur Kajen ada 3 tahapan yang dilakukan yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Kitab Uyunul Masa-il Linnisa di Pondok pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan? Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Uyunul Masa-il Linnisa di Pondok pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan? Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Kitab Uyunul Masa-il Linnisa di Pondok pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kitab Uyunul Masa-il Linnisa di pondok pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber primer dari pondok pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan yang meliputi ustadzah pengajar kitab Uyunul Masa-il Linnisa, pengasuh, pengurus dan santri sedangkan data sekunder dari kitab Uyunul Masa-il Linnisa dan beberapa referensi lainnya seperti jurnal dan buku dan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan di pondok pesantren Az Zabur adalah muthola’ah, menyiapkan jadwal, sowan kepada ustadz dan ustadzah, menyiapkan kitab, menyiapkan buku dan belajar. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan yaitu diawali dengan tawassul kepada mushonif dilanjut dengan menerangkan materi kitab Uyunul Masa-il Linnisa dan ditutup dengan membaca do’a kafarotul majlis. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan ada dua yang pertama evaluasi untuk ustadzah dan yang kedua evaluasi untuk santri.
23SK2321353.00 | SK PAI 23.353 ANI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain