SKRIPSI PAI
Grandparenting : Pola Asuh Dan Akhlak Remaja Desa Werdi Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Di Indonesia pengasuhan anak dalam keluarga sudah mengalami pergeseran, sehingga menimbulkan dampak permasalahan. Mempunyai keluarga yang lengkap dan harmonis adalah impian semua orang. Namun, bagaimana jika pengasuhan orang tua dialihkan kepada kakek atau nenek yang sudah berusia lanjut, karena faktor ekonomi, perceraian, dan kematian. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang masih mencari jati dirinya dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu jenis pola asuh yang diterapkan oleh kakek dan nenek terhadap remaja dan bagaimana akhlak remaja yang diasuh oleh kakek dan nenek. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh kakek dan nenek serta untuk mengetahui akhlak seperti apa para remaja yang diasuh oleh kakek dan nenek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang akan diteliti. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat lima keluarga remaja yang diasuh oleh kakek dan nenek di Desa Werdi, dengan menggunakan jenis pengasuhan yang berbeda seperti pengasuhan permisif, pengasuhan demokratis, dan pengasuhan mengabaikan. Jenis pengasuhan ini dapat mempengaruhi perkembangan akhlak para remaja. Terdapat remaja yang memiliki akhlak baik dengan menggunakan jenis pola asuh demokratis, sedangkan remaja yang memiliki akhlak buruk menggunakan jenis pola asuh permisif dan mengabaikan, dengan alasan kakek dan nenek kasihan terhadap cucu karena sudah tidak memiliki orang tua yang lengkap.
DAFTAR PUSTAKA :
Arini, Sinto. 2018. “Implikasi Pola Asuh Kakek-Nenek Terhadap Sifat dan Prestasi Anak”. Jakarta: dalam Jurnal Dimensia, Jurusan Sosiologi. Vol. 7. No. 1.
Astuti, Puji. 2020. “Peranan Orang Tua Non Biologis Dalam Perkembangan Kepribadian Anak Di Desa Surya Mataram Kecamatan Marga Tiga Kbupaten Lampung Timur”. Skripsi. Lampung: IAIN Metro.
Damanhuri. 2014. Akhlak Perspektif Tasawuf Syeikh Abdurrauf As-Singkili. Jakarta: Lectura.
Dua Dhiu, Konstantinus, dan yasinta Maria Fano. 2021. “Dampak Pengasuhan Kakek dan Nenek”. Bali: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol. 9. No. 3
Eriyanti, Ishvi Oktavenia. 2019. “Analisis Pola Asuh Grandparenting dalam Pembentukan Karakter Anak”. Surabaya: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Fakultas Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No. 1.
Fauziah Rin Rin, Ratih Kusumawardani, dan Kristina Maryani. 2018. “Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau Dari Subyek Pengasuhan Orang Tua Dan Kakek-Nenek Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Banten: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5. No. 1.
Hasan, Muhammad, Tuti Khairani Harahap, Mainuddin, et all. 2022. Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Buku elektronik: Tahta Media Group.
Hasbi, Muhammad, Retno Wibowo, Maryana, et all. 2020. Kakek-Nenek Sahabat Kami, Harmoni Tiga Generasi. cet. I. Jakarta: Direktorat Pendidikan.
Hasbi, Muhammad. 2020. Akhlak Tasawuf (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris). Yogyakarta: Trust Media Publishing.
Iskandar. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Julianto, Eko Julianto. 2014. “Pola Asuh Nenek Implikasinya terhadap Kepribadian Anak (Studi Pada Anak Yang Berada Dalam Pengasuhan Nenek di Desa Bengle, Wonosegoro, Boyolali)”. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.
Kia, A. Dan, dan Erni Muniarti. 2020. “ Pengaruh Pola Asuh Orangtua DAlam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”. Jakarta: Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 13. No. 3.
Lestari, Mira. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 8. No. 1.
Maimun. 2017. Psikologi Pengasuhan: Mengasuh Tumbuh Kembang Anak dengan Ilmu. Mataram: Sanabil.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.
Mustofa, Ali dan Fitria Ika Kurniasari. 2020. “Konsep Akhlak Mahmudah dan Madzumah Perspektif Hafidz Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taysir Al-Khallaq”. Jombang: Jurnal Ilmuna. Vol. 2. No. 1.
Nufus, Hayati, dan La Adu. 2020. Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak. Ambon: LP2M IAIN Ambon.
Nugrahani, Farida Nugrahani. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Ebook.
Nugroho Hestu, Warasto. 2018. “Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng)”. Pamulang: Jurnal Mandiri. Vol. 2. No. 1.
Nur, Rezki. 2019. “Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial Anka di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai”. Makassar: Jurnal Ilmiah. Vol. 2. No. 1.
Nurannisa, Hani, Uswatun Hasanah, dan Tarma. 2021. “Pengaruh Grandparenting Terhadap Perkembangan Emosi Remaja Pada Keluarga TKI di Kecamatan Gekbrong Cianjur-Jawa Barat”. Jakarta: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan. Vol. 4. No. 2.
Oktavenia, Ishvi Eriyanti. 2019. “Analisis Pola Asuh Grandparenting dalam Pembentukan Karakter Anak”. Surabaya: Jurnal Pendidikan Untuk Semua. Vol. 3. No. 1.
Rahman, Habibu, Rita Kencana, dan Nur Faizah. 2020. Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rakhmawati, Istiana. 2015. “Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak”. Kudus: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 6. No. 1.
Ristia, Ria. 2016. “Pola Asuh Grandparenting (Studi pada 5 Keluarga Di Desa Wukirsari Imogiri, Bantul)”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Riyanti, Anggi.2018. “Metode Pola Asuh Nenek Pada Sang Cucu di Desa Sumbang Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Santrock. John W. 2007. Remaja, Edisi Kesebelas Jilid 1, Terj. Dari Adolescence Eleventh Edition Jilid 1 oleh Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.
Simanjuntak, P. N. H. 2015. Hukum Perdata Indonesia. Jakarta: Prenamedia Group.
Subagia, I Nyoman. 2021. Pola asuh orang tua: faktor, implikasi terhadap perkembangan anak. Bali: Nilacakra.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Wahab, Haerani Nur, dan Dian Novita Siswanti. 2021. “Gambaran Pola Asuh Grandparenting (Studi Kasus Pada Individu Korban Perceraian Orang Tua Di Kota Makassar)”. Makassar: Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa. Vol. 1. No. 2.
Wibowo, Arief. 2016. “Berbagai Hal Yang Mempengaruhi Pembentukan Akhlak”. Surakarta: Jurnal Suhuf. Vol. 28. No. 1.
Wiratri, Amorisa. 2018. “Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia”. Jakarta: Jurnal Kependudukan Indonesia. Vol. 13. No. 1.
Yuliza, Weli. 2016. “pola asuh orang tua dalam membentuk akhlak anak di keluarga sesuai dengan ajaran agama isam (studi kasus di desa suro muncar kecamatan ujan mas kabupaten kepahiang)”. Skripsi. Bengkulu: IAIN Curup.
23SK2321351.00 | SK PAI 23.351 IMR g | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain