SKRIPSI PAI
Penguatan Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid Bagi Santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang
Penelitian ini melalui pengamatan secara langsung mengenai Penguatan Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid Bagi Santri Di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Pondok Pesantren Al-Falah dalam menguatkan pembelajaran kitab Risalatul Mahid menyiapkan beberapa guru yang sudah ahli dalam bidang fiqih wanita, guru menyampaikan materi dengan menggunakan metodenya masing-masing. Ada yang menggunakan metode ceramah, bandongan dan diskusi. Adanya pelajaran kitab Risalatul Mahid di pondok pesantren Al-Falah ini karena agar lebih bisa menguatkan pemahaman fiqih wanita apalagi yang berhubungan dengan permasalahan wanita seperti haid, istikhadoh dan nifas. Rumusan Masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penguatan pembelajaran kitab Risalatul Mahid bagi santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Risalatul Mahid bagi santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penguatan pembelajaran kitab Risalatul Mahid bagi santri di Pondok Pesantren Al-Falah Moga Pemalang. 2) Untuk mengetahui apa saja fakor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Risalatul Mahid bagi santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat memberikan ilmu baru dalam mempelajari materi fiqih wanita melalu kitab Risalatul Mahid, terutama masalah yang berkaitan dengan wanita seperti haid, nifas, dan istikhadoh. Kemudian kegunaan secara praktis yaitu untuk memperoleh pengalaman dan dapat mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan dan menjadi inspirasi bagi pembaca ataupun peneliti yang lain, sebagai rujukan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan tentang persoalan fiqih wanita, mendapatkan pengetahuan serta wawasan tentang persoalan fiqih wanita. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah pengasuh, guru, dan santri-santri Pondok Pesantren Al-Falah. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah teori dan referensi yang berhubungan dengan tema dan data peneliti, dokumen serta literatur-literatur yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, serta observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Kitab Risalatul Mahid yang digunakan di pondok pesantren Al-Falah moga adalah kitab yang diambil dari Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. Pembelajaran kitab ini diberikan kepada kelas 1 tsanawiyah ketika sudah masuk semester 2. Dalam penguatan pembelajaran kitab Risalatul Mahid, masing-masing guru mempunyai cara atau metode sendiri dalam memberikan pembelajaran agar bisa menguatkan materi yang didapat dan diterima oleh santri. Faktor pendukung dalam pembelajaran kitab ini yaitu adanya dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana yang baik, kemudian adanya lingkungan yang baik. Adapun faktor penghambat yaitu terkait dengan waktu, keadaan santri yang masih kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan penjelasan guru yang kurang jelas (guru laki-laki). Dari faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan, diharapkan dapat dijadikan evaluasi untuk kedepannya oleh para guru
DAFTAR PUSTAKA :
Adawiyah, Arabiyatul. 2016. “Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja”. Jurnal Equili brium Pendidikan Sosiologi . Volume 4, Nomer 2
Ahmad, bin Muhamad Ardani. 2011. Risalah Haid, Nifas dan Istihadoh. Surabaya: Al-Miftah
Amalia, Rizkia. 2019. “Risalatul Mahid dan Relevensinya Pada Anak Usia Aqil Baligh”, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Volume 2, Nomer 2.
Arinda, Firdianti. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Gre Publising.
Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizatus, Solikhah Nur. 2020. “Strategi Pembelajaran Guru Risalatul Mahid Dalam Membangun Pemahaman Materi Istihadloh Santri Putri Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Merjosari Malang”. Universitas Islam Malang. Volume 4, Nomer 10
Barokah, Ainun. 2015.”Istihadoh dan Problematikanya dalam Kehidupan Praktis Masyarakat”. Jurnal Studi Keislaman. Cendekia: Volume 1,Nomer 1.
E. Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Falikul, Isbah. M. 2020. Pesantren dalam Konteks Indonesia yang Berubah. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Fauzan, Almanshur dan M. Djunaidy Ghony. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hayati, Sri. 2017. Belajar dan Perkembangan Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Hidayat, Mansur. 2016. Model Komunikai Kyai dengan Santri di Pesantren. Yogyakarta: Jurnal Komunikasi ASPIKOM
Ibrahim. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabetz
Imam Fauji, Eni Fariyatul Fahyuni dan Istikomah. 2018. Integrasi Schools dan Madrasah Menjadi Pesantren di Indonesia. Jakarta: Atlantis Press.
Johan Setiawan dan Albi Anggito. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Jurfi, Dolong H.M. 2016. Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Vol V No.2
Mahmud. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook,Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Rohindi, UI-Presshlm.
Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. “Pesantren: Santri, Kiai,dan Tradisi. Al-Azhar Kairo, Mesir”. The Arab Republic of Egypt.Volume 13, Nomer 2.
Nata, Abuddin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa
Prayogi, Aditya. 2022. ”Pendampingan Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid Bagi Santriwati Di Madrasah Diniyahh NU Desa Sidorejo Kabupaten Pekalongan”. IAIN Pekalongan. Volume 2, Nomer 1.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama
S. Grindle Marile. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yoygakarta: Media Persindo
Sidiq, Umar. 2015. Urgensi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan. Edukasi Vol 3, No.1
Sofwan. 2014. Fikih Feminis Menghadirkan Teks Tandingan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nata Abudin.2014. Masail Al-Fiqhiyah. Jakarta: Kencana.
Susanto, Fery. 2020. Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta:Deeplubish.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Pendidikan: Metode, Pemdekatan dan Jenis, ed. Oleh Ihsan Satrya Azhar. Jakarta: kencana.
Yanggo, Huzaemah Tahido. 2010. Fikih Perempuan Kontemporer. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Gabungan, Jakarta: Kencana.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
23SK2321350.00 | SK PAI 23.350 EST p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain