SKRIPSI PAI
Strategi Program Takhassus Tahfidzul Qur'an Dalam Menanamkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Salafiyah Pekalongan
Kata Kunci : Strategi, Kecerdasan Spiritual, Siswa
Berdasarkan observasi yang penulis lakukan pada akhir semester satu tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Salafiyah Pekalongan, Penulis menemukan hampir sebagian besar siswa memiliki smartphone, awalnya smartphone tersebut dilarang oleh pihak madrasah namun, saat terjadi covid-19 smartphone yang tadinya dilarang malah menjadi kebutuhan sebagai penunjang pembelajaran daring. Pasca pandemic covid-19 berlalu smartphone yang tadinya digunakan untuk belajar dan mencari sumber referensi malah terkadang disalahgunakan siswa untuk bermain sosial media, game online, menonton yang tidak bermanfaat dan lain sebagainya. Selain itu yang tak kalah penting juga menyangkut pergaulan siswa, adab siswa terhadap guru, membolos saat jam pelajaran, dan bersembunyi saat waktu sholat berjamaah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana strategi program takhassus tahfidzul qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Salafiyah Pekalongan? Bagaimana problematika strategi program takhassus tahfidzul qur’an dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Salafiyah Pekalongan? Bagaimana implikasi hasil dari strategi program takhassus tahfidzul qur’an di SMP Salafiyah Pekalongan? Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait strategi program takhassus tahfidzul qur’an dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa, problematikanya serta impilkasi hasil dari strategi program tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SMP Salafiyah Pekalongan dan data sekunder seperti jurnal, skripsi dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi program takhassus tahfidzul qur’an dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa menggunakan strategi tahsin, tikrar dan halaqah/muraja’ah. Problematika mencakup faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung (internal) meliputi pemberian motivasi dari guru kepada siswa serta motivasi yang kuat siswa dalam menghafal al-quran serta keadaan jasmani dan psikologis siswa yang baik. Sedangkan, faktor pendukung (eksternal) berupa dukungan keluarga dan lembaga pendidikan. Adapun faktor penghambat program tersebut yaitu berupa waktu pelaksanaan dan lokasi pembelajarannya. Implikasi hasil dari pembelajaran program tersebut dapat terlihat sebagai berikut : terjalinnya hubungan yang dekat dengan Allah Swt karena mereka lebih intens dalam membaca dan menghafal kalam Allah (al-qur’an), ketika bertemu dengan guru siswa tahfidz langsung mengajak salaman dan ketika berjalan tidak mendahului gurunya, ketika hendak pergi tidak langsung membelakangi guru, pada saat adzan dhuhur berkumandang, siswa tahfidz langsung menuju ke masjid guna melaksanakan sholat berjamaah, saat jam kosong, istirahat ataupun setelah mengerjakan soal ulangan beberapa siswa tahfidz menggunakan waktu luangnya untuk hal yang bermanfaat seperti membaca al-qur’an dan tidak menyia-nyiakan waktu begitu saja, adab siswa tahfidz tampak berbeda dengan siswa yang lainnya terlihat ketika menerima pelajaran siswa tahfidz lebih dapat menghargai guru dan memiliki akhlak yang baik. Siswa tahfidz juga mengaku mendapatkan ketenangan batin.
DAFTAR PUSTAKA :
Amin, Samsul. Ilmu Tajwid Lengkap. el-Ameen Publisher : Bukittinggi.
Arifin, Yanuar. 2018. Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta : IRCiSoD.
Budiarto, Eko dan Dewi Anggraeni. 2021. Pengantar Epidemiologi Edisi 2. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC
Chusni, Muhammad Minan, dkk. 2021. Strategi Belajar Inovatif. Sukoharjo : CV. Pradina Pustaka.
Daryanto. 2013. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya : Apollo.
Fitria. 2020. Konsep Kecerdasan Spritual dan Emosional Dalam Membentuk Budi Pekerti (Akhlak). Pekanbaru : Guepedia.
Hadi, Amirul dan Haryono. 2015. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Halimah, Siti. 2020. “The Implementation of Tahfidz Program at MTs Hifzhil Qur’an Islamic Center North Sumatera” Jurnal ILJRE.2.
Hasan, Abdur Rokhim. 2022. Kaidah Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Jakarta : Alumni PTIQ.
Hernowo. 2014. Mengikat Makna: Kiat-Kiat Ampuh Untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca Dan Menulis Buku. Bandung : Kaifa.
Hidayat, Rahmat. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam Medan : LPPPI Press.
Huda, Miftakhul. 2021. “Potensi Tahfidz Al-Qur’an dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual”. Jurnal OFSF Preprints.
Karim, Abdul. 2021. Pembangunan Berkelanjutan Pendekatan Manajemen Partisipatif. Yogyakarta : Arti Bumi Intaran.
Kerubun, Ajuslan. 2021. Menghafal Al-Qur’an dengan Menyenangkan. Yogyakarta : Absolute Media.
Latifa, dkk. 2020. Sketsa Pelangi Pendidikan Karakter. Malang : Inteligensia Media.
Mahanggoro, Tri Pitara. 2018. Melejitkan Produktivitas Kerja dengan Sinergisitas Kecerdasan (ESPQ) Tinjauan Studi Ilmu Kesehatan. Yogyakarta : Deepublish Publisher.
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2018. Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta : Erlangga.
Maslahah, Ani Agustiyani. 2013. “Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Menangani Perilaku Menyimpang”. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol.4, No. 1.
Masyuri dan M. Zainudin. 2014. Metodologi Penelitian Pendekatan dan Aplikatif. Bandung : Refika Aditama.
Maulidiyah, Khusnul Khotimatul dan Muh. Wasith Achadi. 2021. “Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Santri Melalui Program Tahfidz di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Cilacap”. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Muizzuddin. 2021. Aku dan Al-Qur’an. Jawa Barat : Guepedia.
Nasrullah, Muhammad. 2019. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Melalui Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Ikhlas Aqshal Madinah Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga”. Skripsi. Purwokerto : Fakultas Tarbiyah IAIN Purwokerto
Nasrullah, Muhammad. 2021. Melejitkan Potensi Otak Kanan. Yogyakarta : Araska.
Nata, Abuddin. 2011. Studi Islam Komprehensif. Jakarta : Kencana.
Ni’mah, Azimatun. 2021. Tahfidz Al-Quran Guidance (Peran Praktis Orang Tua dalam Membimbing dan Motivasi Hafalan Al-Quran Siswa). Jawa Timur : CV. Global Aksara Press.
Nurhidayah. 2018. “Peningkatan Kecerdasan Spirirtual Guru Melalui Program Tahsin Al-Qur’an di SMP IT Darul Fikri Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu”. IAIN Bengkulu : Jurnal An-Nizom Vol.3.
No.2
Oktapiani, Marliza. 2020. “Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an”. Jurnal Tadzhib Al-Akhlak. Vol.5 No.1.
Rasyid, Muhammad Makmum. 2015. Kemukjizatan Menghafal Al-Qur’an. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.
Rohmatillah, Siti dan Munif Shaleh. 2018. “Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Quran di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari Situbondo”. Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo : Jurnal JPII Vol.3. No.1.
Sarwanto, Muhamad. 2018. “Strategi Menanamkan Kecerdasan Spiritual Melalui Kegiatan Tahfizul Qur’an (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII MA Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo)”. Skripsi. Ponorogo : Fakultas Tarbiyah IAIN Ponorogo.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Septiana, Nurul dan Mukhlis Rohmadi. 2013. Diktat Strategi Belajar Mengajar. Palangkaraya : KKR Production.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistiana, Ana. 2019. “Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Strategi Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas IV A MIN 1 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Syarifuddin, Ahmad. 2015. Mendidik Siswa Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta : Gema Insani.
Tasmara, Toto. 2021. Keceerdasan Ruhaniah (Transendental Intelligence) Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional dan Berakhlak. Jakarta : Gema Insani.
Ulya, Izzatul. 2020. “Urgensi Sanad Guru dalam Belajar AL-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an Muria”. Skripsi. Kudus : Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metode Penelitian : Teori Dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta : Litera.
Waliko. 2022. Metode Tahfidz AL-Qur’an di Nusantara. Banyumas : Wawasan Ilmu.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Kencana
23SK2321348.00 | SK PAI 23.348 LAI s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain