SKRIPSI PAI
Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Asy-Syafi'I Buaran Kota Pekalongan
Kata kunci: Upaya guru, Tahfidz, Menghafal Al-Qur’an
Bagaimana upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafi’i Buaran Kota Pekalongan beserta faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafi’i Buaran Kota Pekalongan beserta faktor pendukung dan faktor penghambat.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu permasalahan, dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengacu pada model Interaktif Teori Analisis Miles and Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dari upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafi’i Buaran Kota Pekalongan bahwa dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an ini dilakukan dengan cara pengkelompokkan belajar, pendisiplinan santri dalam menghafal Al-Qur’an, bimbingan belajar, pemberian motivasi, evaluasi setiap pertemuan. Faktor pendukung adanya fasilitas yang memadahi, tanggung jawab guru tahfidz dalam mengajar dan dukungan orang tua. Hal tersebut berpengaruh terhadap hafalan Al-Qur’an santri, sedangkan faktor penghambat santri tidak setoran hafalan dan adanya kegiatan di luar.
DAFTAR PUSTAKA :
A’yun, Rosicha. 2020. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an melalui model pembelajaran complete sentence di Pondok Pesantren Tahfidzul Al-Qur’an An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Kudus: Skripsi Pendidikan Agama Islam IAIN Kudus.
Adhima, Akhmad Fauzan. 2014. Upaya guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan. Malang: Progam studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Adi, Nelfia. 2010. Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa. Vol. 16.
Adiba, Dzikrina Farah. 2021. Penerapan Metode Talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an loram Kulon kudus tahun 2021. Kudus: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN KUDUS.
Alhafidz, Ahsin W. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Wonosobo: Bumi Aksara.
Alwi, Hasan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Andayani, Ni Putu Sri Nonik. Made Sulastri dan Gede Sedanayasa. 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. Vol. 2. No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Sri Andri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandar Lampung: AURA.
B, Mhirah. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik. Vol. 1. No. 2.
Bahrin, Siti Rahma. 2022. Upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an pada santri tahfidz di Pondok Pesantren Ibn Jauzi. Bogor: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam INTIQAD Vol. 14. No 1.
EQ, Nurwadjah Ahmad. 2020. Pemberdayaan Santri Melalui Pendidikan Entrepreneurship. Bandung: Jurnal RI’AYAH Vol. 5. No. 01.
Habibillah, Muhammad dan Muhammad Asy-Syinqithi. 2011. Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an. Solo: Gazzamedia.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Helmi, Avin Fadilla. 1996. Disiplin Kerja. Buletin Psikologi Tahun IV. No. 2.
Https://tafsirq.com/15-al-hijr/ayat-9 diakses pada tanggal 19 Oktober 2022 pada Jam 13:54.
Https://tafsirq.com/58-al-mujadilah/ayat-11 diakses pada tanggal 18 Oktober 2022 Pada Jam 12:21.
Jamjami. 2020. Upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik (Studi Kelas VIII Takhassus di SMP IT Baitul ilmi Cianjur Tahun Ajaran 2019/2020). Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam.
Khon, Abdul Majid. 2008. Praktikum Qira’at, Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim dan Hafash. Jakarta: Hamzah..
Meoleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Najamudin. 2011. Tips Membuat Anak Rajin Ibadah Sejak Dini. Jogjakarta: Sabil.
Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nurtawab, Ervan. 2013. Wawasan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Bandar Lampung: AURA.
Prasetya, Ignatus Gemilau Ragil. Rachmat Djati Winarno dan Praharesti Eriany. 2013. Bimbingan Belajar Effektif Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VII. Vol. 2. No. 1.
Purnama, Reza. 2018. Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Skripsi. Bogor: STAI Al-Hidayah.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rofiq. 2005. Pemberdayaan Pesantren. Yogyakarta: PT. Lkis Pelangi Aksara.
Sa’dullah. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Saleh, Sonhaji. 1988. Dinamika Pesantren. Jakarta: CV. Guna Aksara.
Saputra, Hiban Najib. 2016. Panduan Tahfidzul Qur’an. Metro: Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Suryabrata, Sumardi. 2014. Metode Penulisan. Jakarta: Rajawali Press.
Sutaradi dan Sugiharsono. 2016. Pengaruh Kompetensi guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Vol. 3. No. 2.
Suwondo, Diah Indriani. Sutanto dan Eddy Madiono. 2015. Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan. Vol. 17. No. 2.
Suyono. 2017. Keterlaksanaan Layanan Pembelajaran Dalam Bimbingan Belajar Oleh Guru Kelas Berdasarkan Tanggapan Siswa di Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 1.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Cet.15. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Bahasa. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tohir, Muhamad Shohib. 2010. Mushaf Al-Azhar Al-Qur’an Terjemah. Bandung: Penerbit Jabal.
Ulfa, Lulu Mari. 2018. Upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro. Metro: Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
W, Ahsin. 2003. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahid, Wiwi Alawiyah. 2012. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Jogyakarta: Diva Press.
Wibowo, Dedi Hendro. 2015. Penerapan Pengelompokan siswa Berdasarkan Prestasi di Jenjang Sekolah Dasar. Vol. 14. No. 2.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
23SK2321347.00 | SK PAI 23.347 MUH u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain