SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Role Playing Untuk Mengatasi Perilaku Bullying di Kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan
Perilaku bullying merupakan suatu perilaku menyimpang yang dilakukan seseorang lebih lemah secara terus menerus. Perilaku bullying pada zaman sekarang sekarang ini sangat mengkhawatirkan sekali. Karena dapat menyebabkan gangguan mental dan prestasi belajar di sekolah menurun. Oleh sebab itu, di MI NU Baros Kota Pekalongan menggunakan metode role playing atau bermain peran untuk mengatasi perilaku bullying di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengimplementasian metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying di kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan, dan (2) Apa hambatan dan solusi dalam pengimplementasian metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying di kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan implementasi metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying di kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan, (2) mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam pengimplementasian metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying di kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian melakukan verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pengimplementasian metode role playing di MI NU Baros Kota Pekalongan meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. Adapun hambatan yang terdapat pada implementasi metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying di kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan, yaitu kurangnya persiapan materi, kurangnya motivasi siswa, kurangnya pengelolaan waktu, siswa pasif, sarana dan prasarana terbatas. Adapun solusi dari hambatan pengimplementasian metode role playing untuk mengatasi perilaku bullying di kelas V MI NU Baros Kota Pekalongan, yaitu persiapan materi yang matang, motivasi siswa yang optimal, pengelolaan waktu yang optimal, siswa aktif, sarana dan prasarana memadai.
23SK2323142.00 | SK PGMI 23.142 DIN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain