SKRIPSI PGMI
Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Sampah Menjadi Karya Seni (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Di Mii Dekoro)
MII Dekoro punya cara unik untuk melatih kreativitas siswa dan sekaligus mengatasi problematika sampah sampah. Dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas IV di MII Dekoro dalam pengolahan sampah, baik itu anorganik (plastik) maupun sampah organik (kertas, cangkang telur, daun dan lain lain) biasa dijadikan karya seni seperti mozazik, kolase dan mortase pada saat pembelajaran SBDP. Kegiatan ini selain menjawab persoalan tentang pemanfaatan sampah, juga bisa melatih kreativitas siswa dalam berkarya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kreativitas siswa kelas IV di MII Dekoro dalam pengolahan sampah menjadi karya seni pada mata pelajaran SBdP? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas siswa kelas IV di MII Dekoro dalam pengolahan sampah menjadi karya seni pada mata pelajaran SBdP?. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas siswa kelas IV di MII Dekoro dalam pengolahan sampah menjadi karya seni pada mata pelajaran SBdP. Untuk Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas siswa kelas IV di MII Dekoro dalam pengolahan sampah menjadi karya seni pada mata pelajaran SBdP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas di MII Dekoro, Siswa di MII Dekoro. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen agrowisata. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas IV di MII Dekoro dalam pengolahan sampah menjadi karya seni pada mata pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya. Metode yang digunakan metode eskperimen yaitu dengan guru kelas membuat karya dari pengolahan sampah menjadi sebuah karya dilakukan kelas IV. Proses kreativitas siswa dalam pengolahan sampah melalui 3 tahapan yaitu tahapan Persiapan guru kelas memberikan motivasi ke siswa kelas IV untuk memotivasi siswa sebelum memulai pembuatan karya seni, tahapan inti dilakukan dua kali kegiatan dengan tema yang berbeda akan tetapi sama pembuatan karya dari bahan sampah, kegiatan kedua membuat hiasan dari bahan sampah plastik, terakhir yaitu tahapan verifikasi. Di tahap verivikasi guru tidak mempersalahkan hasil karya siswa yang dibuat karena guru lebih melihat cara proses siswa dalam pembuatan karya seni.
23SK2323140.00 | SK PGMI 23.140 DIA k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain