SKRIPSI PGMI
Implementasi Ekstrakurikuler Majalah Dinding Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas V di Minu Rowolaku Kajen
Penelitian di latarbelakangi bahwa ditemukan beberapa kendala yang berkaitan dengan kemampuan menulis siswa. Terlihat sebagian besar Kelas V MI NU Rowolaku Kajen kemampuan menulis masih kurang misalnya menulis puisi, menulis cerpen, dan menulis konten. Siswa kelas V berjumlah 29 siswa, 15 siswa dikategorikan memiliki kemampuan kreatif dan bagus dalam menulis puisi, menulis cerpen, dan menulis konten, 9 siswa dikategorikan cukup baik, dan 5 siswa dikategorikan kurang dalam menulis, membutuhkan waktu yang lama dan bahasanya masih ada yang kurang baik. Penelitian ini mempunyai Rumusan Masalah yakni, Bagaimana Implementasi Ekstrakurikuler Majalah Dinding Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas V Di MI NU Rowolaku Kajen?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Ekstrakurikuler Majalah Dinding Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas V Di MI NU Rowolaku Kajen?. Dan penelitian ini memiliki tujuan Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Ekstrakurikuler Majalah Dinding Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas V Di MI NU Rowolaku Kajen. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Ekstrakurikuler Majalah Dinding Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas V Di MI NU Rowolaku Kajen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi ekstrakurikuler majalah dinding yaitu: a. Latarbelakang, yakni mengalami kesulitan ketika mengajar muatan pelajaran bahasa Indonenesia. b. Tujuan, yaitu untuk memahamkan siswa tentang pembuatan karya tulis. c. Perencanaan yaitu guru menyusun kegiatan pelaksanaan. d. Pelaksanaan, tiga tahap dalam yakni pra penulisan, penulisan dan pasca penulisan. e. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler majalah dinding, yakni dilakukan dengan penilaian setiap melakukan latihan mengarang tulisan. 2) Faktor pendukung, terdapat dua yaitu siswa dan lingkungan kelas.2) Faktor penghambat yaitu waktu pembelajaran.
23SK2323139.00 | SK PGMI 23.139 AZZ i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain