SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Bendan 01 Kota Pekalongan
Hasil belajar adalah suatu hasil nyata yang dicapai oleh siswa dalam proses belajar di sekolah yang diwujudkan dalam bentuk raport pada setiap semester. Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan menumbuhkan semangat belajar siswa, maka peran guru sebagai seorang pendidik perlu meningkatkan pembelajaran dengan baik yaitu dengan menciptakan kreativitas guru dalam pembelajaran dengan menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. Sesuai akar permasalahan yang ada, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI SDN Bendan 01 Kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui kuesioner/angket, tes dan dokumentasi yang bersumber dari siswa dan guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 36 orang. Hipotesis yang peneliti ajukan adalah Ha: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran PAI dalam penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa di SD N Bendan 01 Kota Pekalongan. Ha: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran PAI dalam penggunaan metode pembelajaran dengan hasil belajar siswa di SD N Bendan 01 Kota Pekalongan. Ha: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran PAI dengan hasil belajar siswa di SD N Bendan 01 Kota Pekalongan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki hasil yang tinggi terhadap hasil belajar dengan perolehan rata-rata 42,65. Kemudian peran guru dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru juga harus berpacu dalam pembelajaran, dengan memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Artinya peran dorongan juga sangat penting, dalam hal ini seperti kreativitas guru dalam belajar yang baik dan bervariasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran juga dapat memberikan semnagat belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang linier antara variabel X dan Y.
23SK2323138.00 | SK PGMI 23.138 TEG p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain