SKRIPSI PGMI
Problematika Interaksi Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Mis Pacar Tirto Pekalongan
Anak berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongan pada umumnya tinggal dengan kakek nenek mereka. Orang tua mereka bekerja di luar kota atau luar negeri, jarak yang cukup jauh menuju ke sekolah luar biasa (SLB) membuat para wali murid enggan untuk mensekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB), mereka lebih memilih untuk mensekolahkan anak-anaknya ke MIS Pacar Tirto Pekalonganyang dekat dengan tempat tinggal mereka. Beberapa hal itulah yang menyebabkan pihak madrasah menerima anak berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongank arena setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan. Selain semua yang telah dijelaskan sebelumnya peneliti juga menemukan beberapa cara interaksi sosial siswa di MIS Pacar Tirto Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apa saja problematika interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongan? 2) Bagaimana guru mengatasi problematika interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui problematika interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK) saat berlangsungnya proses pembelajaran maupun di luar kelas di MIS Pacar Tirto Pekalongan. Untuk mengetahui guru kelas dalam mengatasi problematika interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK) saat berlangsungnya proses pembelajaran maupun di luar kelas di MIS Pacar Tirto Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas di MIS Pacar Tirto Pekalongan, Siswa berkebutuhan khusus di MIS Pacar Tirto Pekalongan. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen agrowisata. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problematika interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongan dibagi antara kontrak sosial dari interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK), dan proses asosiatif dari interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK). Guru mengatasi problematika interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongan menggunakan cara yaitu Guru MIS Pacar Tirto Pekalongan ikut dalam pelatihan, guru menggunakan dengan media pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus (ABK) di MIS Pacar Tirto Pekalongan.
23SK2323125.00 | SK PGMI 23.125 EVA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain