SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penerapan Media Kantong Bilangan Bergambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Muhammadiyyah Paesan
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peserta didik kurang antusias memperhatikan guru dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan di kelas I. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan media yang menarik dan menunjang proses pembelajaran sehingga siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum sesuai harapan (tidak mencapai ketuntasan belajar). Oleh karena itu, penggunaan media yang tepat dan berdaya guna dapat membantu guru membangun sistem pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media kantong bilangan bergambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas I SD Muhammadiyah Paesan. Dari rumusan masalah tersebut maka dapat diambil tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan penerapan media kantong bilangan bergambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 1 SD Muhammadiyah Paesan. Penelitian ini berguna sebagai referensi penggunaan media untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran matematika Metode penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas I yang terdiri atas dua kelas yaitu 29 siswa pada kelas I A dan 30 siswa pada kelas I B. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pada penelitian ini yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen adalah siswa kelas I A, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah siswa kelas I B. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan Uji-t dan indeks N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan bergambar cukup efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Muhammadiyah Paesan. Hal ini dibuktikaan dengan hasil perhitungan uji independent sample t-test diperoleh adanya perbedaan yang signifikan yaitu nilai thitung = 3,665 > ttabel = 2,002. Berdasarkan hasil analisis N Gain dengan SPSS diperoleh N-Gain (%) kelas eksperimen sebesar 59 % dalam kategori cukup efektif.
23SK2323124.00 | SK PGMI 23.124 YUL e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain