SKRIPSI PGMI
Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Menggunakan Media Video Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 01 Kendalsari
Hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukan Indonesia mengalami penurunan skor dalam bidang sains. Pada tahun 2015 Indonesia mendapat skor 403, namun pada tahun 2018 skor PISA dalam kategori sains turun menjadi 396. Hal tersebut sejalan dengan hasil motivasi dan hasil belajar IPA kelas V SDN 01 Kendalsari yang tergolong rendah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimanakah hasil belajar IPA pada kelas control menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada peserta didik kelas V SDN 01 Kendalsari? 2) Bagaimana hasil belajar IPA pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining mengunakan media video pada peserta didik kelas V SDN 01 Kendalsari? 3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining menggunakan media video terhadap hasil belajar IPA serta motivasi belajar di kelas eksperimen SDN 01 Kendalsari?, adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Kendalsari setelah melakukan pembelajaran dengan model SFAE. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Kendalsari yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket,observasi,dan tes. Untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat peningkatan motivasi serta hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai R2 pada Y1 yaitu 41,9 dan rata-rata posttest 74,00. 2) Terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan nilai R2 pada Y1 yaitu 82,5 dan rata-rata posttest sebesar 77,89. 3) Hasil uji F dan uji koefisien determinasi (R2) yang dilakukan terhadap kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining menggunkan media video lebih berpengaruh secara signifikan dibandingkan dengan model student facilitator and explaining menggunakan mind mapping.
23SK2323122.00 | SK PGMI 23.122 DIA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain