SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Drill Dalam Mempermudah Siswa Menghafal Juz Amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang
Pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran tahfidz di MI Roudlotul Huda Terban bertujuan untuk meminimalisir kegiatan siswa dalam menghafal Juz Amma. Guru di MI Roudlotul Huda Terban melaksanakan metode drill dalam menghafal juz amma dengan membacakan berulang ulang bacaan kemudian peserta didik menirukan hingga beberapa kali, lalu peserta didik membaca tanpa melihat tulisan dan dilakukan berulang-ulang dan trakhir peserta didik maju satu persatu. Metode drill dianggap metode tepat guna dan efektif dalam pembelajaran tahfidz di MI Roudlotul Huda Terban. Dari observasi awal terkait informasi tahfidz di MI Roudlotul Huda Terban, menyebutkan: 1) Tahfidz juz amma dimulai pembelajarannya dari tahun 2016, 2) Tahfidz ini dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar, 3) Merupakan muatan lokal dan ekskul, 4) pembelajaran tahfidz dilakukan selama 1 jam pelajaran, dan 5) dikelas 3 diwajibkan hafal sampai surah Ad-Dhuha. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang? (2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang? (3) Apa hasil implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang?. Tujuan dari penelian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang. (2) Untuk mengetahui beberapa faktor pendorong dan penghambat implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang. (3) Untuk mengetahui hasil implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di MI Roudlotul Huda Terban. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen agrowisata. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Drill dalam rangka mempermudah siswa untuk menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban menerapkan tiga tahap yaitu: (1) Tahap persiapan yaitu dengan menyiapkan tujuan yang akan dipakai dalam melaksanakan pembelajaran. (2) Tahap Pelaksaaan dilakukan dengan tiga langkah yaitu langkah pembukaan dengan pemberian tugas hafalan kepada siswa, langkah pelaksanaan yaitu tahap menyetorkan hafalan siswa yang sudah mendapatkan tugasnya, dan langkah mengakhiri yaitu penyampaian motivasi kepada siswa secara berkala agar siswa terus terdorong untuk giat dalam menghafal juz amma. (3) Tahap Penutup yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap tugas yang diterima setiap siswa kelas 3 yaitu hafalan surat yang disetorkan tiap minggunya. Faktor implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban mencangkup faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung yaitu usia yang ideal, manajemen waktu, tempat menghafal. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya fokus pada tujuan, tidak ada niat menghafal, timbul rasa malas. Hasil implementasi metode drill dalam mempermudah siswa menghafal juz amma di MI Roudlotul Huda Terban dilihat dari 4 indikator yaitu (1) kelancaran dalam menghafal dengan tidak melihat juz amma, namun tetap diperhatikan maksud bacaan yang dilantunkan, (2) kemampuan ilmu tajwid, (3) menyempurnakan Makharij al huruf dalam pelafalan, (4) kemampuan tartil dalam proses membaca dan menghafal juz amma.
23SK2323121.00 | SK PGMI 23.121 NUR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain