SKRIPSI PGMI
Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Kabunan Kabupaten Tegal
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar anak didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Pendidikan karakter sekolah dasar dapat diterapkan melalui proses pembelajaran dikelas, kebijakan sekolah maupun pembiasaan sekolah sehingga memudahkan pendidik dalam menanamkan karakter pada peserta didik. Penanaman nilai pendidikan karakter mempunyai permasalahan tersendiri seperti yang terjadi pada lembaga pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Athfal banyak peserta didik yang belum menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Kabunan kabupaten Tegal; dan 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Kabunan Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bentuk Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Kabunan Kabupaten Tegal dalam mata pelajaran PJOK seperti nilai disiplin dan kerja keras dalam berlatih, jujur dalam penilaian dan menghargai prestasi atas pencapaian dilakukan melalui tiga tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.. Faktor pendukung Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Kabunan Kabupaten Tegal seperti Sarana prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang baik sedangkan faktor penghambatnya seperti perilaku peserta didik, dan perbedaan gaya belajar peserta didik.
23SK2323117.00 | SK PGMI 23.117 SAM i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain