SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Cerita Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MSI 14 Medono Kota Pekalongan
Penerapan metode bercerita dijadikan salah satu alternatif metode pembelejaran yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam. Pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, salah satunya adalah penerapan metode cerita dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai wujud pengajaran yang memberikan contoh nyata kepada peserta didik melalui tokoh cerita. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam telah dilaksanakan di MSI 14 Medono salah satu caranya melalui metode cerita. Melihat hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait implementasi metode cerita sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas V di MSI 14 Medono Kota Pekalongan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan penggunaan metode cerita sebagai upaya penanaman nilai- nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran akidah akhlak di MSI 14 Medono Kota Pekalongan, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode cerita sebagai upaya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran akidah akhlak di MSI 14 Medono Kota Pekalongan, (3) Untuk mengetahui hasil penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada pembelajaran akidah akhlak di MSI 14 Medono Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles dan Huberman, melalui tiga langkah utama yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode cerita dalam pembelajaran aqidah akhlak diklasifikasikan pada persiapan pelaksanaan metode cerita, penyampaian metode cerita, media untuk penerapan metode cerita dan evaluasi penerapan metode cerita. Pelaksanaan metode cerita dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran aqidah akhlak terdapat faktor pendukung yaitu pendidik yang kompeten, sarana dan prasarana, dan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan waktu dan konsentrasi anak yang mudah berubah. Hasil implementasi metode cerita dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di MSI 14 Medono Kota Pekalongan cukup efektif. Dibuktikan dengan proses penerapan pada peserta didik, metode, sarana dan media yang digunakan. Selain itu, sikap peserta didik dalam mengamalkan materi pelajaran yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari- hari.
23SK2323115.00 | SK PGMI 23.115 DIN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain