SKRIPSI PGMI
Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 dan 6 MI Annajmiyah Kajenengan Bojong Tegal
Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada kelas 5 dan 6 di MI Annajmiyah Kajenengan masih kurang, karena hanya 40% peserta didik mendapatkan hasil belajar di atas KKM yaitu diatas nilai angka 75. Salah satu faktor penyebabnya yaitu karena faktor orang tua yang masih kurang memperhatikan anak, dan kebanyakan orang tua hanya mempercayakan semuanya kepada sekolah tanpa sedikitpun orang tua memberikan dorongan motivasi belajar terhadap anak. Faktor lainnya juga terlihat dari terlalu sibuknya orang tua akan pekerjaannya sehingga orang tua tidak ada waktu untuk memperhatikan keseharian anak. Penelitian ini dilaksanakan MI Annajmiyah Kajenengan tepatnya di kelas 5 dan 6 dengan jumlah 39 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui dukungan sosial orang tua peserta didik kelas 5 dan 6 di MI Annajmiyah Kajenengan Bojong Tegal (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas 5 dan 6 di MI Annajmiyah Kajenengan Bojong Tegal (3) Untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas 5 dan 6 MI Annajmiyah Kajenengan Bojong Tegal Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang dukungan sosial orang tua dan dokumentasi berupa hasil belajar Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dukungan sosial orang tua peserta didik kelas 5 dan 6 MI Annajmiyah Kajeengan berada pada kategori sedang. (2) Hasil belajar peserta didik kelas 5 dan 6 MI Annajmiyah Kajenengan berada pada kategori cukup baik (77 %). (3) Berdasarkan output IBM SPSS Statistics 22 diketahui t hitung sebesar 5,607 dan dengan jumlah 39 responden di mana db=-39- 2=37 dan signifikansi 0,05 diperoleh t tabel sebesar 2,46. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 5,607 > 2,46 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial orng tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas 5 dan 6 MI Annajmiyah Kajenengan Bojong Tegal, dan Variabel dukungan sosial orang tua memberikan pengaruh sebesar 25,1% terhadap hasil belajar peserta didik kelas 5 dan 6 MI Annajmiyah Kajenengan Bojong Tegal sedangkan 74,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel selain dukungan sosial orang tua.
23SK2323114.00 | SK PGMI 23.114 BIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain