SKRIPSI PGMI
Penggunaan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iii di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Kota Pekalongan
Bahasa Inggris telah disepakati menjadi bahasa internasional sehingga diperlukan adanya dukungan dari sekolah sebagai pihak fasilitator pendidikan di Indonesia untuk membantu dan menyiapkan anak didik menghadapi tantangan global di masa depan mereka. Dengan demikian pembelajaran Bahasa Inggris sangat diperlukan pada tingkat SD/MI dan dibutuhkan media yang menyenangkan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Pendidik dan tenaga kependidikan dituntut agar mampu menciptakan strategi pembelajaran dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan untuk memberikan materi dengan mengutamakan keaktifan peserta didik. Rumusan permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana penggunaan media puzzle dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas III di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Kota Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari penggunaan media puzzle dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas III di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Kota Pekalongan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: “(1) Untuk menjelaskan penggunaan media puzzle dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas III di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Kota Pekalongan. (2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dari penggunaan media puzzle dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris pada siswa kelas III di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Krapyak Kota Pekalongan.” Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris memiliki beberapa langkah yaitu menginformasikan siswa untuk menghafalkan kosa kata dan akan melakukan permainan. Sebelum permainan, guru memberikan test yang ditebak oleh siswa. Guru membagi kelas menjadi lima kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan dan menebak kosa kata yang disediakan. Kelompok menyusun huruf menjadi kosa kata sesuai gambar. Guru memberikan arahan kepada kelompok. Guru melakukan penilaian. 2) Faktor yang mendukung dari penggunaan media puzzle diantaranya alat dan bahan yang mudah dicari, mudah dalam proses pembuatannya, dan siswa lebih antusias. Sedangkan faktor penghambat dari penggunaan media puzzle diantaranya adalah menyita waktu dan huruf yang dibagikan menjadi tersebar.
23SK2323112.00 | SK PGMI 23.112 NAF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain