SKRIPSI PGMI
Penerapan Media Visual Gambar Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Mengapresiasi Keunikan Motif Hias Nusantara Kelas VI MI Salafiyah Tirto Pekalongan
Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah sering dijumpai permasalahan seperti masih ada siswa yang kurang semangat dalam pembelajaran dan menganggap juga pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya itu sulit dipahami. Dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya peran guru sangat penting dalam memilih dan menentukan media apa yang cocok untuk materi dan media pembelajaran yang efektif bagi siswa. Media visual gambar sangat membantu dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar mengajar. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan media visual pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya materi mengapresiasi keunikan motif hias nusantara kelas VI di MI Salafiyah Tirto Pekalongan?, 2) apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media visual pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya materi mengapresiasi keunikan motif hias nusantara kelas VI di MI Salafiyah Tirto Pekalongan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatf. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisi deskriptif dari hasil pengumpulan data. Sumber data yang didapatkan yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini guru kelas sekaligus guru Seni Budaya dan Parkarya kelas VI, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu sumber data dari arsip, buku dan jurnal. Berdasarkan hasul penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media visual gambar pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya materi mengapresiasi keunikan motif hias nusantara yaitu melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap pelaksanaan terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu media pembelajaran, motivasi dan lingkunan, sedangkan faktor pengahmbatnya yaitu kseulitan dlam menentukan materi yang cocok dan karakteristik siswa yang berbeda-beda.
23SK2323110.00 | SK PGMI 23.110 ALF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain