SKRIPSI PGMI
Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Wasaya Al Abai Lil Abnai dan Relevansinya pada Anak Tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Usia 6-12 tahun merupakan masanya anak mendapatkan pendidikan yang sangat penting. Untuk meminimalisir masalah penyimpangan moral yang terjadi pada peserta didik tingkat Madrasah Ibtidaiyah, mereka perlu dibimbing serta diarahkan secara benar dan proporsional khususnya dalam bidang pendidikan akhlak. Dalam hal ini kitabWas}a>ya> Al Aba>i Lil Abna>I dapat menjadi rujukan bagi para orang tua dan pendidik dalam membimbing anak dan peserta didik karena di dalamnya terdapat konsep pendidikan akhlak yang sudah seharusnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi konsep pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi. 2) Untuk mengidentifikasi relevansi pendidikan akhlak dalan kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi pada anak tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Dalam kegunaannya penelitian ini diharap bisa menjadi rujukan referensi bagi pembaca baik pendidik maupun kalangan umum untuk menjadi tauladan bagi anak usia dasar agar dapat membiasakan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari kitab dan terjemah kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi kemudian data sekunder yang diperoleh dari buku-buku dan jurnal. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi baik dari dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi maupun buku lain yang terkait. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan langkah deskriptif, interpretasi dan analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi terbagi menjadi empat yaitu: 1) Konsep pendidikan akhlak kepada Allah Swt., yang meliputi: bertakwa, bertobat, bersabar dan bertawakal kepada Allah Swt. 2) Konsep pendidikan terhadap Rasulullah SAW, yakni taat pada ajaran beliau. 3) Konsep Pendidikan kepada sesama manusia yang meliputi: menghormati kedua orang tua dan guru, memberikan tempat duduk, menolong dan tata cara berjalan bersama teman dan membiasakan salam. 4) Konsep akhlak kepada diri sendiri yang meliputi: adab mengambil makanan, menjaga waktu salat, adab didalam masjid, jujur, amanah dan menjaga muru’ah. Keempat konsep tersebut memiliki relevansi pada anak tingkat Madrasah Ibtidaiyah karena pada pendidikan anak tingkat Madrasah Ibtidaiyah dari kelas I-VI terdapat materi yang sesuai dengan konsep pendidikan akhlak yang terdapat di dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi yakni terdapat pada mata pelajaran fikih, al-qur’an hadis dan akidah akhlak.
23SK2323107.00 | SK PGMI 23.107 ANI k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain