SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penggunaan Metode Murottal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas Vi di MI Salafiyah Jenggot 3
Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril, juga mukjizat yang diriwayatkan secara berturut-turut, yang ditulis dalam lembaran (mushaf) dan membacanya bernilai ibadah. Untuk mendidik peserta didik agar tartil dalam membaca Al-Qur’an, guru harus maksimal dalam mengarahkan dan memotivasi peserta didiknya, membentuk kelompok belajar agar dapat menjadi sarana informasi yang sangat diperlukan oleh peserta didik dalam hal pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Oleh karena itu, dengan mengimplementasikan metode yang mendukung saat pembelajaran maka akan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Murottal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VI MIS Jenggot 3 dan juga untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah diterapkannya Metode Murottal terhadap kemampuan membaca Al Qur’an pada siswa kelas VI MIS Jenggot 3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode quasi experiment serta menggunakan desain penelitian “posttest only control design” dengan pendekatan kuantitatif. Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa kelas VI di MI Salafiyah Jenggot 3 Memperoleh Hasil Nilai Pretest siswa Kelompok Kontrol sebanyak 3 yang telah mencapai nilai KKM. (KKM 70) dengan Rata-rata nilai 60,00. Nilai Minimal yang di dapatkan ialah 30 dan maksimal 90. Nilai Postest siswa Kelompok Kontrol sebanyak 11 yang telah mencapai nilai KKM. (KKM 70) dengan rata rata nilai 72,14. Nilai minimal 60 Dan makasimal 80. Kemampuan Membaca Al Qur’an siswa kelas VI di MI Salafiyah Jenggot 3 didapatkan Hasil Nilai Pretest siswa Kelompok Eksperimen sebanyak 8 yang telah mencapai nilai KKM. (KKM 70) dengan nilai rata-rata 65,83. Nilai Minimal 30 dan maksimal 90. Nilai Posttest siswa Kelompok Eksperimen sebanyak 18 yang telah mencapai nilai KKM. (KKM 70). Dengan rata-rata 80,56. Nilai minimal 70 dan maksimal 90. Berdasarkan hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode murottal di dalam penelitian ini berhasil, terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan membaca surat pendek pada anak Hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whiteney U, di ketahui nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Maka Ha Diterima dan Ho ditolak.
23SK2323106.00 | SK PGMI 23.106 KHA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain