SKRIPSI PGMI
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Kandang Panjang 02 Pekalongan
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat menyebabkan komunikasi interaksi yang sangat tinggi antara guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Pembelajaran yang baik didalam kelas mampu menumbuhkan pemahaman siswa tentang konsep cara berfikir kritis siswa. Agar keaktifan komunikasi meningkat guru harus menciptakan model pembelajaran yang menekankan siswa agar lebih aktif berkomunikasi didalam kelas saat pembelajaran. Menggunakan model pembelajaran yang mampu memancing keaktifan siswa dalam berkomunikasi yaitu problem based learning. Model pembelajaran problem based learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui pemberian masalah. Adanya model pembelajaran problem based learning membuat siswa lebih aktif dalam berfikir. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik di SDN Kandang Panjang 02 Pekalongan, (2) untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik di SDN Kandang Panjang 02 Pekalongan, (3) untuk mengetahui evaluasi penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik di SDN Kandang Panjang 02 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pertama, perencanaan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik melalui langkah menentukan identifikasi kompetensi dasar, pengelompokkan materi, memilih model pembelajaran dan penyusunan dokumen RPP. Kedua, pelaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning guru harus menerapkan lima langkah-langkah pembelajaran problem based learning. Ketiga, evaluasi dalam penerapan model pembelajaran problem based learning yaitu untuk mengetahui hasil evaluasi dalam penerapan model problem based learning antara lain: peserta didik lebih semangat, lebih antuasias, lebih termotivasi lebih tertantang dalam menyelesaikan masalah. Hambatan yang dihadapi guru antara lain: mengkondisikan kelas, kurangnya motivasi belajar, waktu terbatas dan kurannya sumber belajar.
23SK2323097.00 | SK PGMI 23.097 VIT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain