SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik di SDN 03 Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Permasalahan belajar yang dialami oleh peserta didik di sekolah patut menjadi perhatian yang harus diselesaikan oleh guru kelas. Fakta bahwa guru kelas memegang peran sebagai penentu keberhasilan pembelajaran menjadikannya harus pintar dalam menentukan strategi penyelesaian permasalahan kesulitan belajar seperti kesulitan membaca dan menulis. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik di SDN 03 Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Berlandaskan latar belakang di atas, dirumuskan rumusan masalah pada penelitian ini, sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik di SDN 03 Rowoyoso? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik di SDN 03 Rowoyoso?. Penelitian ini ditujukan agar dapat menjadi referensi bagi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar peserta di kelas. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data penelitian, maka peneliti menggunakan 3 teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data yang sudah didapat maka menggunakan model Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, display data, kemudian menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa strategi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik di SDN 03 Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan antara lain: (1) Menyediakan waktu pendampingan khusus, (2) Menggiatkan program literasi, (3) Pembiasaan atau latihan berulang, dan (4) Penggunaan media pembelajaran yang menarik. Adapun faktor yang mendukung strategi yang dilakukan guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik adalah semangat belajar siswa dan sarana prasarana sekolah yang memadai, sedangkan faktor yang menghambat strategi yang dilakukan guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik adalah kurangnya pendampingan orang tua terhadap belajar siswa di rumah, keterbatasan waktu, dan jumlah murid yang overload.
23SK2323094.00 | SK PGMI 23.094 TIA s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain