SKRIPSI PGMI
Efektivitas Model Pembelajaran Play Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas 4 di SD Muhammadiyah Paesan Pekalongan
Proses pembelajaran dalam kelas merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Adanya penerapan suatu variasi kegiatan pembelajaran mutlak dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran dengan mudah sehingga siswa memperoleh pemahaman materi yang diperlukan. Tujuannya agar siswa dapat memahami materi pelajaran dengan mudah sekaligus menciptakan suasana Pembelajaran di kelas yang efektif dan menyenangkan. Selain itu dengan adanya variasi model pembelajaran bisa meningkatkan kemampuan berbicara, kerja sama yang tinggi, kemampuan berpikir kritis dan dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PTPS di kelas 4 SD Muhamadiyah Paesan Pekalongan?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran PTPS di kelas 4 SD Muhamadiyah Paesan Pekalongan, 3) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran PTPS dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas 4 SD Muhamadiyah Paesan Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembeljaran Play Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen quasi. Variabel dari penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu model pembelajaran Play Think Pair Share pada pembelajaran IPA. Dan variable terikat adalah menngkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA siswa SD kelas 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest, posttest, observasi, dan RPP. Hasil penelitian ini menunjukan perolehan rata-rata pretest pada hasil belajar 68,57 dan nilai rata-rata posttest pada hasil belajar sebesar 80.71. Dan nilai rata-rata pretes berpikir kritis 66,86. Serta nilai posttest kemampuan berpikir memiliki rata-rata 80,71 dengan taraf signifikan 0.000 atau kurang dari 0,05. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas penggunaan model pembelajaran Play Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas 4 di SD Muhamadiyah Paesan Pekalongan
23SK2323091.00 | SK PGMI 23.091 RIS e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain