SKRIPSI PIAUD
Strategi Pembelajaran Bahasa Krama Alus Anak Usia Dini Melalui Metode Uswah Hasanah Kelompok B1 di TK Sakti Lestari 01 Tulis Desa Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang
Berkembangnya zaman yang semakin modern, menyebabkan kepedulian orang tua terhadap bahasa daerah mulai memudar, hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan bahasa sehari-hari yang menggunakan Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh sulitnya menggunakan Bahasa Jawa khususnya bahasa krama. Selain itu di lingkungan sekolah pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih tahap dasar untuk menggunakan Bahasa Jawa. Dalam kaidah penggunan bahasa jawa memiliki tataran seprti ngoko krama disebut unggah ungguh basa yang harus ditaati. Tingkatan bahasa jawa sebagai tata pergaulan yaitu unggah ungguh. Unggah ungguh berarti tata sopan santun, sedangkan unggah ungguhing bahasa merupakan tataran ngoko krama, hal ini berkembang karena keinginan bawahan untuk menunjukkan sikap hormat terhadap atasan seperti anak kepada orangtua. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran bahasa Jawa Krama Alus melalui metode uswah hasanah kelompok B1 di TK Sakti Lestari 01 Tulis Desa Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, (2) Apa saja keunggulan dan kelemahan menggunakan strategi pembelajaran Bahasa Jawa Krama Alus dengan metode uswah hasanah kelompok B1 di TK Sakti Lestari 01 Tulis Desa Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data pada saat dilapangan ataupun sesudah kembalinya dari lapangan. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaan Bahasa Jawa Krama Alus anak usia dini melalui metode uswah hasanah kelompok B1 di TK Sakti Lestari 01 Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur, walaupun terdapat hambatan. Berdasarkan fakta tersebut dapat dilihat dari cara guru mengajar dan berkomunikasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Adapun keunggulan strategi pembelajaran Bahasa Jawa Krama Alus anak usia dini dengan metode uswah hasanah kelompok B1 di TK Sakti Lestari 01 Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang antara lain : Bahasa mudah untuk ditiru serta anak mudah untuk beradaptasi dengan bahasa krama. Adapun kelemahannya yaitu sebagai berikut : banyak anak yang main sendiri, terdapat anak yang pemalu, dan terdapat anak yang belum ataupun kurang paham bahasa krama.
23SK2324083.00 | SK PIAUD 23.083 AZH s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain