SKRIPSI PIAUD
Implementasi Alat Peraga Edukatif Kantong Stik Berhitung Terhadap Kemampuan Berhiung Anak Usia 5-6 Tahun di KB Nurul Huda Pamiritan Tegal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung anak di KB Nurul Huda yang masih rendah. Salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan berhitung anak adalah dengan menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) kantong stik berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi alat peraga edukatif kantong stik berhitung terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 dan mengetahui keefektifan alat peraga edukatif kantong stik berhitung terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di KB Nurul Huda Pamiritan Tegal. Sampel pada penelitian ini yaitu kelompok B yang berjumlah 19 anak. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi kemudia dianalisis menggunakan uji hipotesis (Uji T). Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, seluruh aspek efektivitas implementasi alat peraga edukatif dalam pembelajararan selalu mengalami kenaikan skor rata-rata, pelaksanaan pembelajaran pertama sebesar 20,105 (52,6%), pembelajaran kedua 21,894 (73,6%) dan pembelajaran ketiga 23,789 (78,9%). Kedua, alat peraga edukatif kantong stik berhitung efektif terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sampel T Test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan nilai rata-rata postest > pretest. Diharapkan alat peraga edukatif kantong stik berhitung digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran guru dalam proses pembelajaran berhitung pada anak usia dini.
23SK2324082.00 | SK PIAUD 23.082 MUT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain