SKRIPSI IAT
Resepsi Fungsional Metode Tasmi’ 5 Juz Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Raudlotul Huffadh Al-Malikyah Banyurip Kota Pekalongan
Penelitian ini membahas mengenai praktik dan resepsi fungsional metode tasmi’ 5 juz dalam menghafal al-Qur`an Di Pondok Pesantren Raudlotul Huffadh Al-Malikyah Banyurip Kota Pekalongan, praktik tersebut dilatar belakangi al- Qur’an sebagai interaksi dalam bentuk resepsi (penerimaan) dalam bentuk membaca, dan memahami maupun menghafalakannya. Penghafal al-Qur’an merupakan salah satu bentuk respsi atau respon umat islam terhadap al-Qur’an, sehingga dalam penelitian ini focus pada penghafal al-Qur’an yang memperhatikan hafalan yang didapatnya melewati tasmi’ 5 juz, sehingga nantinya penelitian ini diharapkan mengetahui praktik tasmi’ 5 juz dan resepsi fungsional Sehingga melalui penelitian ini akan diketahui manfaat, factor pendukung, factor penghambat, dan respon dari pelaksana melakukan tasmi’ 5 juz.
Penulis menggunakan metode kualitatif serta field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Selain itu, untuk menjawab rumusan masalah diatas, dengan melakukan observasi dan melakukan wawancara kepada pengasuh maupun Santri Pondok Pesantren Raudlotul Huffadh al-Malikiyah Banyurip kota Pekalongan. Hasil temuan lapangan tersebut kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam penelitian ini.
Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu pertama, praktik metode tasmi’ 5 juz dalam menghafal al-Qur’an tidak hanya mengejar khatam melainkan harus diperhatikan hafalan yang sudah didapatkannya dengan harapan kualitas hafalan terjaga dengan baik Kedua, resepsi fungsional metode tasmi’ 5 juz dalam menghafal al-Qur’an juga difungsikan sebagai sebagai Rahmat diantaranya Membahagiakan orang tua, Ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh atau sholehah merupakan amal yang tidak hanya didunia melainkan diakhirat tidak terputus pahalanya. Kedua, dawamul al-Qur’an atau dibiasakan baca al-Qur’an oleh santri Raudlotul Huffadh al-Malikiyah Banyurip Kota Pekalongan sebagai dzikir sebagai kepada Allah SWT. Ketiga, mecetak santri yang hafalannya mutqin (bacaannya baik).
23SK2331052.00 | SK IAT 23.052 IKB r | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain