SKRIPSI PAI
Urgensi Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Masyarakat Dukuh Donowodo Desa Candigugur Kecamatan Bawang Kabupaten Batang
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Era Pandemi Covid-19, Masyarakat
Pendidikan merupakan bidang faktual yang sangat penting dan harus ada di sepanjang perjalanan manusia. Pendidikan memiliki arti yang sangat urgen didalam kehidupan dan diakui sebagai sesuatu yang dapat menolong manusia untuk mencapai suatu peradaban yang maju. Selain itu pendidikan juga dipandang akan memberikan bekal kepada manusia sehingga kehidupan manusia akan tercerahkan dan lebih manusiawi di masa yang akan datang
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana urgensi Pendidikan Agama Islam di era pandemi Covid-19 dalam perspektif masyarakat Dukuh Donowodo Desa Candigugur Kecamatan Bawang Kabupaten Batang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) kualitatif dengan mengambil latar masyarakat Dukuh Donowodo Desa Candigugur Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat serta dikomparasikan dengan teori yang ada.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah kesimpulan sebagai berikut: Urgensi Pendidikan utamanya Pendidikan Agama Islam adalah perannya didalam mengawal keberlangsungan hidup yang terjadi di masyarakat, dimana Pendidikan Agama Islam mengajarkan untuk tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan dengan senantiasa berikhtiar (berusaha dan berdoa). Di Era Pandemi Covid-19 ini masyarakat seringkali mengalami benturan-benturan dengan realitas yang ada, kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan menjadi tak biasa, dan hal-hal yang tak biasa di haruskan untuk menjadi biasa, apabila tidak dilandasi keimanan dan pengetahuan serta nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang baik tidak jarang masyarakat akan salah jalan dalam menghadapi problematika yang ada.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Wachyudi. 2020. Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 pada Lingkungan Keluarga”. Bangil : Journal of Islamic Educatio STIT Muhammadiyah Bangil.
Al- Rasydin. 2012. Falsafah Pendidikan Islami. Medan: Cita Pustaka Media Perintis.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelituan. Jakarta : Rineka Cipta.
B, Chaerudin. 2015. Pendidikan Agama Islam dalam Kandungan. Makassar : Jurnal Lentera Pendidikan Vol. 18. No. 2.
Bashori, Muchsin dan Wahid Abdul. 2009. Pendidikan Islam Kontemporer, Bandung: PT Refika Aditama.
Basri, Hasan. 2020. Pendidikan Agama Islam Dan Pemeliharaan Diri (Hifzh An- Nafs) Di Tengah Wabah Virus Corona”. Bandung : Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati.
Bungin, Bungin. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Djaelani, Moh Solikodin. 2013. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat”, Bekasi : Jurnal Ilmiah WIDYA, Vol. 100.
Fuadi, Athok. 2016. Peran Pendidikan Agama Dalam Membentuk Manusia Yang Berkeadaban Publik”, Yogyakarta: Millah Jurnal, Vol. XI No. 2.
Ghoni, M. Djunaidi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Haliman, Nurlia. 2018. “Persepsi Masyarakat terhadap Pentingnya Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini di Desa Salulino Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu”. Palopo : Skripsi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo.
Handayani, Diah dkk. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jakarta : Jurnal Respilogi Indonesia VoL. 40.
http://shaftasby.sch.id/berita1799-pengertian-hadits.html
Khobir, Abdul. 2011. Filsafat Pendidikan Islam Landasan Teori dan Praktis. Pekalongan : STAIN Press
Kholis, Nur. 2020. Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi dan Pendidikan serta Kebijakan Pemerintah. Cirebon : Jurnal PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon, Vol 6.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Masdub. 2015. Sosiologi Pendidikan Agama Islam : Suatu Pendekatan Sosio Religius. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Paranti, Nikita Dian. 2021. “Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Agama Islam di Batumarta VI Kabupaten Oku Timur”, Tesis Pendidikan Agama Islam (Lampung : UIN Raden Intan.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitataif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Rahmat, Pupu Saeful. 2012. “Penelitian Kualitatif”. Kudus : Jurnal Equilibrium, Vol 1. No 9.
Ramayulis. 2014. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rasmin, Muhammad Zaitun. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ulama Bugis K.H. Lanre Said”. Bogor : Jurnal Ta’dibuna UIKA Bogor.
Rosana, Laras. 2020. “Persepsi Masyarakat Pedesaan Terhadap Keberadaan Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Di Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta)”.
Yogyakata : Skrpsi Pendidikan Agama Islam.
Sahlan. 2013. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Membina Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas VIII MTs di Pondok Pesantren Ulil Albab Simpasai Lambu Kabupaten Bima”. Makassar: Skripsi Pendidikan Agama Islam.
Samrin 2019. Pendidikan Islam di Era Globalisasi Peluang dan Tantangan. Jurnal Shautut Taarbiyah.
Sanguadji, Etta Mamang. 2010. Metode Penelitian dan Pendekatan Praktik dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sanguadji, Etta Mamang. 2011. Metode Penelitian dan Pendekatan Praktik dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sapsuha, M Tahir. 2005. “Respon Pendidikan Islam Terhadap Kebutuhan Masyarakat dan Kemajuan IPTEK”. Magelang : Jurnal Cakrawala, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, Vol. 1 No. 2
Soekanto, Soerjono. 2015. Suatu Pengantar. Jakatrta : Rajawali Pers.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surgianik, Dwi. 2019. “Urgensi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Hati Model Ibnu Qayyim Al Jauziyyah”, Lampung : Tesis Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan.
Suryaningtyas, Dewi Fajar. 2021. “Metode Pendidikan Keluarga Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Pada Era Digital Di Dukuh Kaliketing Desa Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan”. Pekalongan : Skrispsi Pendidikan Agama Islam IAIN Pekalongan.
Syarifudin, Didin dkk. 2018. Pandangan tentang Toleransi dan Isu-isu Kehidupan Keagamaan. Jakarta: Kencana.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: TERAS
Tatik. 2014. “Persepsi Masyarakat Petani Terhadap Lembaga Pendidikan Islam bagi Anak di Desa Wonodadi Kecamatan Bandar”. Pekalongan : Skripsi Pendidikan Agama Islam IAIN Pekalongan.
Ulwiyah, Siti Himatul. 2020. “Persepsi Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Formal di Dusun Crogol, Desa Brunosari, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo”.
Salatiga : Skripsi Pendidikan Agama Islam IAIN Salatiga.
Untung, M. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: LiterA.
www.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19_di_Indonesia
23SK2321342.00 | SK PAI 23.342 ADI u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain